Tips mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing)

Hai sobat karibku apa kabar hari ini, setelah kemarin aki posting tips jitu mengatasi gangguan hati, pada pertemuan kali ini aku pengen share info tips mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kemih). Judulnya memang sederhana tetapi jangan lihat kasing'nya sob, lihat isinya dong hehehe, mudah-mudahan bermanfaat amiin.

Tips mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing)

Seseorang bisa mengalami gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing) sudah pasti merasakan sakit di bagian ginjal, area sekitar ginjal, dan sulit atau terlalu sering buang air kecil, yang di sertai rasa sakit atau tidak. Situasi ini bisa terjadi karena tidak berfungsinya kinerja ginjal yang pada dasarnya sebagai organ penjaga keseimbangan homeostatik, cairan elektrolit, serta bahan-bahan organik dalam tubuh, yang melalui proses filtrasi (penyaringan) reabsorbsi, dan sekresi.

Jenis penyakit gangguan ginjal

Dunia kedokteran atau medis menjelaskan bahwa ada empat jenis penyakit gangguan ginjal yaitu sindrom nefrontik, gagal ginjal akut, penyakit gagal ginjal tahap akhir yang penanganannya membutuhkan transplantasi ginjal atau dialisis, serta batu ginjal.

Langkah penting yang harus di lakukan pasien gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing) yaitu mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan, serta tidak memiliki kandungan zat tertentu misalkan makanan berprotein tinggi yang malah mengakibatkan lambatnya kinerja ginjal dan memberatkan fungsi ginjal.

Pasien penyakit ginjal dengan auria (tidak di bentuknya kemih/kencing oleh ginjal) serta hiperklemia (kadar kalium darah tinggi) lebih baik mengurangi asupan natrium dan kalium.

Selain mengkonsumsi obat dokter atau trapi melalui jalan medis, penyembuhan penyakit ginjal juga bisa di atasi dengan bantuan trapi jus buah. Jenis buah yang berfungsi mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing) yaitu kelapa, markisa, strowberri, semangka, anggur, serta bengkuang.

Tips mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing)

1.Jus abeng (anggur+bengkuang)

Mula-mula siapkan buah anggur sebanyak 150 gram dan bengkuang 100 gram, kemudian masukkan kedalam blender dengan menambahkan 5ml air jeruk nipis dan 150ml air putih, selanjutnya blender sampai halus, sobat boleh menambahkan es batu, sesuai selera.

2.Jus amer (anggur merah)

Pertama siapkan anggur 250 gram dan buang bijinya, tambahkan air putih matang 150 ml, dan blender sampai halus dengan tambahan es batu secukupnya.

3.Jus semangat (semangka+stroberi)

Semangka sebanyak 150 gram dan anggur 50 gram, tambahkan yoghurt 100ml serta 100ml air putih, blender smua bahan sampai halus dengan menambahkan 2 sdm sirup gula dan es batu secukupnya, jus ''semangat'' siap di nikmati.

4.Jus semar (semangka markisa)

200 gram semangka dan 20ml sirup markisa tambahkan 150ml air putih matang dan es batu secukupnya, blender hingga halus dan jus ''semar'' siap di sajikan.

5.Jus engkong semar (bengkuang+semangka+markisa)

Masukkan 50 gram bengkuang, dan air buah markisa sebanyak 20ml,150 gram semangka jangan lupa tambahkan 50ml yoghurt dan 100ml air putih, blender sampai halus, jus siap disajikan bisa dengan es batu juga bisa tidak.

6.Jus semar buka lapak (semangka+markisa+kelapa)

Pertama siapkan semangka 100gram, air buah markisa 100 gram, daging kelapa 50 gram dan air kelapa 100ml, tambahkan es batu secukupnya selanjutnya blender hingga halus dan siap di sajikan.

7.Jus pak abeng (kelapa+anggur+bengkuang)

Daging kelapa dan bengkuang masing-masing 50 gram, dan anggur sebanyak 75 gram (tanpa biji) blender hingga halus dengan menambahkan 1 sdm sirup gula serta 1/2 gelas air kelapa muda, terakhir tuankan jus ke dalam gelas dan siap untuk di sajikan.

Baca juga: Cara menurunkan kadar kolestrol darah.

Konsumsilah jenis-jenis jus di atas secara rutin, selain dapat mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing) juga dapat membantu proses penurunan berat badan (diet) dan mempercantik kulit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih (kencing)"

Post a comment