Peraturan permainan dalam olahraga bola voli


Sebelum menggeluti olahraga voli, yang paling penting dalam hal ini adalah mengetahui Peraturan dalam permainan olahraga bola voli itu sendiri. Voli merupakan sebuah permainan olahraga yang kompleks, dan membutuhkan skill, strategi atau keterampilan sederhana. Meskipun demikian tidak mungkin rasanya, Anda bisa melakukan permainan ini tanpa anda belajar cara main voli yang benar.

Peraturan permainan dalam olahraga bola voli

Secara umum voli adalah olahraga yang identik dengan meloncat, hingga 60-80 cm di atas permukaan tanah, hampir mirip seperti ''Basket'' Namun peraturan permainan dalam bola voli sangatlah berbeda. Bola berjalan sepersekian detik dari spiker (penyemesh) ke penerima. Itu berarti penerima harus menilai sudut masuk, memutuskan di mana untuk meloloskan bola dan kemudian mengendalikan permainan dalam sekejap mata. Sebuah olahraga yang murni membutuhkan strategi fokus, dan kecepatan (Anda tidak dapat menahan bola), bola voli adalah permainan gerakan konstan.

Peraturan permainan bola voli.

1.-Satu tim dari enam pemain, hanya di perbolehkan menyentuk bola sebanyak tiga kali saja. Metode yang umum di gunakan yaitu dengan passing (Memantulkan/menahan bola dengan tangan bagian lengan) lalu moul (meloloskan/mengumpan bola dengan jari telunjuk, jempol dan tengah) serta spike (memukul bola dengan telapak tangan ke arah permainan lawan).Bola disajikan ke dalam permainan.

2.-Selain itu tim juga dapat mencoba untuk memblokir lawan saat melakukan spike, Caranya: melompat ketika bola akan melintasi net. Bola hasil blok yang jatuh ke pengadilan sendiri dianggap sebagai salah satu dari tiga sentuhan Anda di voli pantai, tapi tidak di voli biasa (enam pemain).

Memiliki postur tubuh yang tinggi, merupakan salah satu komponen penting dari sebuah tim Internasional. Namun semua itu tidak sempurna jika tidak di imbangi oleh arahan pelatih yang pandai mengatur strategi dalam permainan bola voli, karena hal ini dapat menjadi kunci meraih kemenangan.

3.-Dalam satu tim terdapat enam pemain. yang masing-masing pemain harus memutar satu posisi ke posisi berikutnya, searah jarum jam setiap kali tim mereka menang kembali layanan dari tim oposisi.
Hanya tiga pemain yang berada di posisi net, bisa melompat serta melakukan blok dekat net. Para pemain backcourt hanya bisa memukul bola melewati net jika mereka melompat dari belakang garis serang, juga dikenal sebagai garis tiga meter, yang memisahkan bagian depan dan bagian belakang pengadilan (lapangan).

4.-Voli telah berkembang menjadi olahraga yang sangat khusus. Kebanyakan tim akan dimasukkan dalam line-up awal mereka setter, dua blocker pusat, dua receiver-hitter dan spiker universal. Hanya pemain tertentu akan terlibat dengan penerimaan layanan. Pemain juga akan memiliki posisi spesialis untuk serangan dan pertahanan. Substitusi diperbolehkan selama pertandingan.

Sejak tahun 1998, bas voli telah menggunakan sistem penilaian baru. Tim mencetak angka pada setiap reli (Titik Temu System), terlepas dari tim yang disajikan. Sebelumnya, tim hanya mampu menang angka jika disajikan bola. Memenangkan melayani kembali dari oposisi, dikenal sebagai sisi-out.

5.-Pertandingan yang dimainkan paling baik dari lima set. Pertama empat set yang dimainkan dengan 25 poin, dengan set terakhir yang dimainkan dengan 15 poin. Sebuah tim harus memenangkan set oleh dua poin. Tidak ada langit-langit, sehingga set berlanjut sampai salah satu tim memperoleh keuntungan dua poin. Sebelumnya, semua set adalah untuk 15 poin, dengan empat set pertama memiliki langit-langit 17 dan set terakhir membutuhkan setidaknya keuntungan memenangkan dua poin.
  • Pada tahun 1998, FIVB memperkenalkan peran spesialis baru: yaitu libero. Pemain ini memakai seragam yang warnanya berbeda dari pemain lain yang ada dalam timnya, serta dapat diganti dalam backcourt untuk setiap pemain di tim. Libero tidak dapat melayani, spike bola melewati net atau memutar ke posisi lini depan, tapi memainkan peran penting bagi tim dalam melayani penerimaan dan backcourt pertahanan. 
  • Harus ada setidaknya satu titik dimainkan antara libero yang mengganti off untuk pemain dan akan kembali ke lapangan untuk pemain lain - maka ia / dia tidak bisa berada di lapangan untuk seluruh permainan. Libero telah menambahkan dimensi ekstra untuk backcourt pertahanan, meningkatkan penerimaan tim, memperpanjang reli dan memberikan peran penting bagi pemain yang lebih pendek.
6.-Voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim, yang di selenggarakan dalam arena lapangan yang di batasi oleh jaring (NET) . Ada versi berbeda dalam peraturan permainan olahraga bola voli yakni jika dalam keadaan tertentu dapat melakukan penawaran fleksibilitas permainan untuk semua orang.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengirim bola melewati net dan menargetkan bola jatuh ke lapangan atau pertahanan lawan. Tim ini memiliki tiga hits untuk mengembalikan bola (selain kontak block). Bola dimasukkan ke dalam permainan dengan layanan server melewati net ke lawan. Rally berlanjut sampai bola didasarkan pada pengadilan (lapangan) permainan.

Bola yang out"keluar" adalah akibat dari sebuah tim yang gagal untuk mengembalikan bola dengan benar. Di dalam peraturan permainan olahraga bola voli, tim akan memenangkan skor reli angka (Titik Temu System). Ketika tim menang berargumentasi saat bertanding, itu keuntungan angka dan hak untuk memperoleh nilai, dan para pemainnya harus memutar satu posisi searah jarum jam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peraturan permainan dalam olahraga bola voli"

Post a comment