Cara main voli yang bagus


Cara main voli yang bagus- Bukan sekedar wacana yang anda khayalkan, kini jika Anda ingin benar-benar belajar bermain voli yang bagus, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang saya rekomendasikan. Sama dengan jenis olahraga lain, voli juga memiliki aturan permainan yang harus Anda ikuti. Setali tiga uang, Anda musti memulai program belajar bermain olahraga voli yang benar.

Cara main voli yang bagus

Cara main voli yang bagus:

1.Belajar Teknik Dasar.

Cara main voli yang bagus
a.Program pertama untuk berlatih bola voli, Anda memerlukan akses peralatan yang baik, termasuk pakaian yang nyaman, yang memungkinkan untuk mempermudah berbagai gerakan tubuh, sepatu yang dirancang khusus untuk voli, dan bola voli berkualitas baik. Selain itu, Anda harus memiliki akses ke jaring voli dan lapangan.

-Khusus Pria, terutama pria yang berpostur lebih tinggi, mungkin perlu untuk memilih sepatu basket bukan sepatu voli. Untuk melakukan program belajar main voli yang baik, Anda bisa berlatih passing di dinding (tembok) atau memasukkan bola ke dalam ring basket, hal ini untuk melatih tinggi loncatan anda.

b.Belajar posisi dasar.

-Saat Anda bermain voli, Anda harus tahu teknik posisi dasar ini. Berdiri dengan kaki selebar bahu Anda, terpisah dan menekuk lutut. Pastikan berat badan Anda lebih pada bola kaki, sehingga Anda siap untuk bergerak cepat.

-Tahan lengan, dengan posisi yang sedikit lebar, usahakan posisi tangan kuat, tidak kaku, dan selalu rileks.

c.Belajar menggerakkan kaki.

-Olahraga voli mengharuskan Anda untuk bergerak cepat dari sisi ke sisi. Meminimalkan jumlah gerakan (dan jumlah energi yang dibutuhkan) dengan menyeret kaki sisi Anda ke sisi. Berdiri di posisi siap dasar dan bergerak ke samping dalam garis lurus. Jaga tubuh Anda rendah ke tanah.

-Jangan menyilangkan kaki, Setelah Anda mendapat menguasai cara menggerakkan kaki, mulailah untuk mengintegrasikannya ke latihan lain, seperti melewati bola ke pemain lain.

d.Belajar servis bola.

-Servis bola dilakukan dari salah satu sudut belakang lapangan. Bola dipukul melewati net. Ini menempatkan bola bergerak dalam permainan. Untuk servis bola, Anda musti melempar bola lurus ke udara dengan satu tangan. Membawa lengan Anda yang lain di atas kepala Anda untuk memukul tengah bola. Jaga lengan Anda bergerak ke bawah untuk menindaklanjuti dengan hit.

e.Belajar mengoper bola.

-Berdiri dalam posisi siap, seperti bola bergerak ke bawah. Memposisikan diri tepat di belakang di mana bola akan mendarat. Semakin awal Anda siap untuk memukul bola, semakin banyak waktu yang Anda harus melakukan sedikit penyesuaian.

-Menempatkan lengan Anda bersama-sama di depan Anda dengan siku berdekatan. Pegang punggung tangan Anda di telapak tangan Anda yang lain dan tekan ibu jari Anda bersama-sama. Jangan ayunkan tangan; bukan, memindahkan bahu Anda untuk mengoper bola.Menggunakan kekuatan inti dan tubuh bagian bawah, untuk mengoper bola ke arah yang benar.

f.Belajar mengatur bola (moul).

-Mengatur bola adalah manuver di mana satu pemain membuat kontak dengan bola, menyiapkannya untuk pemain lain agar melakukan spike (smesh). Set bola dengan mengangkat lengan Anda di atas kepala Anda. Sentuh semua ujung jari Anda bersama-sama dan kemudian menarik tangan Anda terpisah sehingga ada cukup ruang untuk voli. Ketika bola datang melewati net atau dilewatkan dari pemain lain dalam tim Anda, dapatkan di bawah bola dan memantul ke atas dengan ujung jari Anda.

-Jangan menyentuh bola dengan telapak tangan. Satu set yang benar hanya menggunakan ujung jari jempol, jari telunjuk dan jari tengah.

-Belajar sampai benar-benar bisa, mengatur bola terlebih dahulu dengan menangkap bola di antara ujung jari Anda. Setelah Anda menguasai bola, menetap ke tangan, lancar dan seimbang, kemudian mulai melayangkan bola keudara dengan ujung jari Anda.

g.Belajar spike bola.

Spiking bola adalah teknik untuk memukul bola dengan keras melewati net sehingga tim lain sulit untuk menerima bola. Spike bola setelah pemain lain dalam tim Anda menetapkan bola. Sebagai bola bergerak ke atas di udara, melompat untuk memenuhi bola pada titik tertinggi. Hit bagian atas bola dengan tengah tangan Anda. Ini akan memberikan bola padat top-spin, mengirimnya melalui net.

Spiking bola efektif membutuhkan waktu yang baik. Jika Anda melompat terlalu dini atau terlalu terlambat, Anda akan kehilangan moment untuk memukul bola pada posisi terbaik. Latihan spiking sebelum bermain, dapat mengasah waktu spike Anda.

h.Belajar fokus. 

-Voli adalah olahraga yang menuntut untuk menjaga mata agar selalu fokus, kepada Anda melihat bola sepanjang waktu dan tahu kapan untuk berkedip, lonjakan atau memukul bola melewati net. Memiliki rasa yang baik, ketika akan memperkuat pertahanan Anda.

i.Belajar memblok bola.

Mengembangkan waktu dengan belajar latihan yang menekankan waktu, seperti memblokir bola di depan net. Memblokir bola akan menuntut bahwa Anda melihat arah bola dengan hati-hati, dan menjaga mata Anda pada gerakan pemain lain.

2.Belajar teknik pengembangan diri.

Cara main voli yang bagus
a.Belajar mengatur target arah bola.

-Mengatur arah bola ke dalam target, di sudut belakang yang berlawanan jaring dari mana Anda berdiri. Belajar melayani bola ke target yang di tuju. Hitung berapa banyak bola yang mencapai target atau memantul di net.

b.Belajar dengan ring basket.

-Ring basket adalah salah satu mitra yang baik untuk teknik seperti berlatih ketepatan, pengaturan dan melayani bola. Mengatur bola ke arah ring. Berdiri di garis busuk, atau sekitar 15 meter jauhnya. Arahkan bola ke udara dan atur bola ke arah ring.

-Sajikan voli di ring. Mulai di garis busuk, atau sekitar 15 meter jauhnya. Bertujuan untuk persegi di papan tersebut. Mencoba memukul alun-alun 10 kali berturut-turut.

c.Belajar di dinding.

Bila Anda tidak memiliki pasangan, Anda masih bisa menggunakan solid, dinding yang mulus sebagai mitra imajiner. Gunakan dinding dengan melewati bola ke arah dinding. Memukul bola saat rebound.

d.Belajar berhalusinasi seperti Anda berada di permainan.

Jika Anda dapat berlatih di lapangan voli dengan jaring dan pasangan, selalu berlatih seperti Anda sedang bermain dalam sebuah game. Sebagai contoh, jika Anda belajar melewati bola, memiliki pasangan Anda mengirim bola melewati net untuk Anda. Jika Anda berlatih spiking bola, melakukannya melewati net.

e.Belajar metode lain.

Ada banyak kombinasi latihan yang mengintegrasikan melayani, melewati, pengaturan dan keterampilan lainnya. Cari saran, atau berbicara dengan pelatih atau minta pelatih untuk mengajar lebih lanjut latihan.

3. Belajar Meningkatkan tingginya lompatan.

    Cara main voli yang bagus
  • Seberapa tinggi lompatan Anda saat ini?. Memiliki lompatan vertikal yang tinggi akan memungkinkan Anda untuk menjadi pemain yang lebih tangguh, Hal ini memberikan Anda keuntungan lebih dari lawan. Mencapai melompat tinggi dengan plyometrics, yang merupakan gerakan yang dilengkapi dengan banyak kekuatan yang sangat cepat. Mengukur tinggi lompatan Anda saat ini, akan memberikan indikasi yang baik dari sebelumnya.
Mintalah bantuan teman, untuk mengamati berapa tinggi lompatan Anda. Melompatlah setinggi yang Anda bisa, samping dinding sementara mencapai lengan Anda ke atas. Memiliki tanda pengamat Anda di dinding seberapa tinggi Anda melompat dan mengukur ketinggian.
  • Anda juga dapat menempatkan sedikit kapur di tangan Anda. Ketika Anda melompat ke dinding, memperpanjang lengan Anda ke atas dan menyentuh dinding pada titik tertinggi Anda dapat mencapai. Kapur bertujuan untuk menandai atau mengukur ketinggian lompatan itu.
  • Melompati kotak atau bangku. Menggunakan permukaan yang tingginya sekitar 2 meter dari tanah, seperti kotak atau bangku. Lompatilah kotak dengan kedua kaki mendarat datar dan seimbang. Lakukan 3 set 20 repetisi setiap hari. Ketika ketinggian ini menjadi mudah bagi Anda, Kemudian tambahkan ukuran yang lebih tinggi dan menantang diri lebih lanjut.
  • melompat mengangkat bahu. Berdiri dengan kaki selebar bahu Anda terpisah dan tahan berat 10 pon di masing-masing tangan di samping tubuh. Tekuk lutut Anda dan melompat di udara. Pada saat yang sama, mengangkat bahu Anda untuk membantu mengangkat beban. Lalu kembali mendarat dengan kedua kaki tegas skor di lantai. Lengkap 3 set 25 repetisi setiap hari. 
  • Ketika berat badan ini menjadi mudah, meningkatkan beban Anda secara bertahap 5-poumd. Bergantian, gunakan bola bukan beban. Angkat bola di atas kepala Anda seperti Anda ketika melompat. Lalu membawa bola kembali ke dada Anda, ketika Anda mendarat di tanah. 
  • Lompat skeeping. Di antara latihan lain, lompat tali secepat mungkin untuk interval 30 detik. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kemampuan Anda untuk melompat dengan cepat dan dengan tinggi badan, tetapi juga akan meningkatkan daya tahan dan kinerja cardio.
  • Kuatkan otot kaki Anda. Pelatihan otot kaki Anda akan membantu Anda melompat lebih tinggi dengan lebih kuat. Melakukan squat, latihan beban deadlift, dan latihan kekuatan lain untuk kaki Anda 2-3 kali seminggu. 
  • Ukur tinggi lompatan Anda setelah 2 minggu. Setelah menghabiskan dua minggu pada jenis latihan melompat, kembali mengukur tinggi melompat Anda untuk melihat berapa banyak Anda telah membaik. Jika Anda belum membaik sebanyak yang Anda inginkan, tetap lakukan di latihan ini.
4.Mendapatkan Tubuh ideal.
Cara main voli yang bagus

Olahraga teratur. Melakukan berbagai latihan, dari cardio pelatihan kekuatan, akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang ideal. Rencanakan latihan selama satu jam 4-5 kali per minggu.


  • Menguatkan tubuh bagian atas. Memiliki tubuh bagian atas yang kuat sangat penting sehingga Anda dapat memblokir dan melakukan spike bola dengan kekuatan. Lakukan latihan yang membangun kekuatan otot di dada, bahu, lengan dan inti, seperti dayung, bangku menekan dan mendorong menekan. Melakukan latihan inti penguatan, seperti Pilates, juga akan membantu. 
  • Menguatkan otot kaki . Pelatihan otot kaki Anda akan membantu Anda melompat lebih tinggi dengan lebih kuat. Melakukan squat, latihan beban deadlift, dan latihan kekuatan lain untuk kaki Anda 2-3 kali seminggu.
  • Relaksasi otot. Istirahat setelah latihan guna untuk memulihkan tenaga. Otot-otot Anda akan membutuhkan istirahat dari pelatihan intensif yang akan Anda lakukan, jadi pastikan untuk menjadwalkan hari libur untuk memungkinkan tubuh Anda untuk pulih. Memiliki hari pelatihan intensif pada Jumat, misalnya, dan memberikan diri Anda istirahat pada akhir pekan. 
  • Istirahat dengan tidur yang cukup. Menjadi baik, beristirahat akan mengisi tingkat energi Anda setiap hari sehingga Anda siap untuk memberikan suguhan permainan yang maksimal. Dapatkan sekitar 7-8 jam tidur setiap malam, dan 1-2 jam tambahan per malam jika Anda seorang remaja.
  • Konsumsi makanan bergizi. Asupkan tubuh Anda dengan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Makan banyak buah-buahan dan sayuran, serta protein dan biji-bijian. Hindari gula halus dan karbohidrat olahan.
  • Minum air putih secara cukup. Menjaga tubuh Anda dari dehidrasi, terutama bila Anda berolahraga ketat setiap hari. Sebelum latihan, sebaiknya Anda minum tambahan 25-30 ons air, dan kemudian minum 8 ons air untuk setiap 15 menit Anda berolahraga.

5.Belajar dari Orang Lain.


    Cara main voli yang bagus
  • Cari pelatih yang memenuhi syarat atau pelatih yang dapat menjadi patner dengan Anda, untuk membantu latihan dan teknik. Bicara dengan staf pelatih di sekolah, pusat komunitas atau di sebuah kamp voli, di daerah Anda untuk menemukan orang yang bersedia membawa Anda menemukan pemain dengan kualitas baik dan lebih berpengalaman dari Anda. Orang tersebut mungkin bersedia untuk membimbing Anda dan membantu meningkatkan keterampilan Anda.

  • Bergabunglah dengan tim. Tim voli yang diselenggarakan melalui sekolah, pusat-pusat komunitas dan pusat-pusat lainnya. Bergabung dengan tim atau liga untuk mendapatkan latihan yang teratur dan berpartisipasi dalam scrimmages atau pertandingan.
  • Menonton pertandingan voli di TV agar lebih tahu tentang peraturan dalam permainan olahraga voli. Perhatikan bagaimana cara main voli yang bagus dan profesional. Perhatikan strategi, kekuatan, kelemahan, dan interaksi mereka dengan pemain lain.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara main voli yang bagus"