Penyebab dan gejala karsinoma sel basel (kanker kulit)


Penyebab dan gejala karsinoma sel basel (kanker kulit)- Karsinoma sel basel adalah jenis kanker kulit, yang dapat tumbuh di bagian kulit yang sering terkena paparan sinar matahari. Hal ini tentu menimbulkan ke khawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Bagi orang yang awam, mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya kanker ini tidak dapat menyebar ke bagian kulit lain, hanya saja bergerak ke bagian terdekatnya seperti tulang dan jaringan di bagian bawah kulit.

Penyebab dan gejala karsinoma sel basel (kanker kulit)

Cara bijak untuk mengatasi kanker ini adalah, dengan mengetahui serta mendeteksi penyebab dan gejala karsinoma sel basel itu sendiri, hal ini berupaya untuk lebih memudahkan dalam mendiagnonis serta pengobatanya.

Kanker jenis karsinoma sel basel ini, umumnya tumbuh di kulit wajah seperti hidung, mata dan bagian kulit lain di wajah. Ciri-cirinya berbentuk benjolan kecil dan mengkilap. Selain di wajah, kanker jenis ini juga dapat muncul di bagian tubuh lain, misalnya kaki dan tangan, jika anda termasuk orang yang berkulit putih, sepertinya anda lebih berisiko terserang kanker karsinoma sel basel.

Karsinoma sel basel, termasuk jenis kanker kulit yang lambat penyebarannya, dan kadang hilang selama bertahun-tahun dan kemudian muncul kembali, setelah terkena paparan dari sinar matahari. Penderita umumnya berusia lanjut, namun anda bisa terserang di usia muda, jika terlalu sering terkena sinar matahari.

penyebab Karsonoma sel basel.

Penyebab utamanya adalah sinar Ultraviolet (UV) dari matahari. Saat sinar UV mengenai kulit dari waktu ke waktu, hingga bertahun-tahun, maka UV tersebut dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit. Dengan proses yang selalu berjalan, maka situasi sel-sel atau DNA yang rusak tersebut, bisa berubah menjadi kanker.

Gejala karsinoma sel basel.

Anda akan mengetahui gejala kanker ini, dengan adanya perbedaan yang mencolok dalam kulit anda, yakni pertumbuhan kulit yang terlalu sering dan mencurigakan, biasanya berwarna coklat, pink, atau hitam. Gejala lain yang musti anda waspadai adalah pertumbuhan kulit yang keras, seperti lilin yang usai meleleh.

Kemunculan karsinoma sel basel.

Pada tahap pertama, kanker ini muncul dengan bentuk yang kecil terkadang mengkilap berwarna pink, hitam (gelap), atau merah patch serta bersisik. Bisa seperti jerawat, namun permukaannya jika di sentuh kasar dan tak kunjung hilang, atau seperti tahi lalat.

Pahami penyebab dan gejala karsinoma sel basel ''kanker kulit'' di atas, mungkin dapat dapat merefolusi gaya hidup anda. Dan ingat kanker kulit ini sangat mudah rapuh serta mengeluarkan darah, baik saat di sentuh maupun tidak di sentuh.

Pengobatan medis yang bisa anda pilih: 
  • Melakukan pemotongan tumor, atau biasanya dokter menamainya dengan (eksisi). Cara kerjanya adalah: Mula-mula dokter akan mematikan tumor serta kulit anda, Lalu dokter akan mulai mengikis dikit demi sedikit tumor tersebut, dengan sebuah alat yang berbentuk seperti sendok. Kemudian dokter mulai melakukan pemotongan, dan membawanya ke laboratorium. Jika dalam penelitian di laboratorium menemukan sel-sel kanker, di daerah sekitarnya, kemungkinan besar dokter akan menghapus kulit yang sudah terkontaminasi dengan kanker.
  • Penggoresan tumor dengan bantuan listrik, hal ini merupakan metode yang berfungsi sebagai pembunuh sel-sel kanker. Dalam dunia medis di sebut (kuretase dan pengeringan). Cara kerjanya: Tahap awal dokter akan memati rasa tumor. Selanjutnya dokter akan mengontrol pendarahan serta membunuh sel-sel kanker tersebut dengan menggunakan jarum listrik. 
  • Membekukan sel kanker, atau di sebut dengan (cryosurgery). Cara kerjanya adalah: Dokter akan membunuh sel-sel kanker yang ada, dengan cara membekukan tumor serta area kulit yang bermasalah menggunakan nitrogen cair. 
  • Terapi dan perawatan, dengan menggunakan radiasi laser (sinar x) merupakan pengobatan yang bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada.
  • Operasi pengangkatan kanker secara besar-besaran, Cara kerjanya: Dokter akan membedah tumor beserta jaringan-jaringan sel kanker. Hal ini bertujuan untuk menghambat dan mencegah agar kanker tidak berkembang ke lapisan kulit sekitar. 
  • Pil dan krim, Atau mungkin dokter akan merekomendasikan anda untuk mengkonsumsi pil dan mengoleskan krim ke kulit.
Pencegahan

1. Mengurangi waktu untuk terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Hal ini untuk mengawasi pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Beberapa tanda-tanda kanker meliputi area kulit yang tumbuh, berubah, atau perdarahan. Periksa kulit Anda secara teratur dengan cermin, genggam cermin sehingga Anda bisa mendapatkan pandangan yang baik dari seluruh bagian tubuh Anda.

Hindari terlalu banyak berjemur. Tetap keluar dari sinar matahari 10:00-14:00, ketika sinar UVB membakar matahari yang kuat.

Gunakan tabir surya. Sinar UVA matahari hadir sepanjang hari - itu sebabnya Anda perlu tabir surya setiap hari. Pastikan Anda menerapkan tabir surya dengan setidaknya faktor perlindungan matahari dari 30 ke seluruh bagian kulit yang tidak ditutup-tutupi dengan pakaian setiap hari. Anda juga perlu mengajukan permohonan kembali setiap 1 sampai 2 jam saat berada di luar.

Selain itu untuk menghindari penyebab dan gejala actinic keratosis (kanker kulit) anda bisa Berpakaian tepat. Memakai topi bertepi lebar dan menutupi bagian tubuh sebanyak mungkin, seperti kemeja lengan panjang dan celana panjang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan gejala karsinoma sel basel (kanker kulit)"

Post a comment