Mengatasi nyeri perut (maag kronis) dengan bahan alami

Mengatasi nyeri perut (maag kronis) dengan bahan alami-Orang dewasa cenderung lebih sering mengalami nyeri perut di banding anak-anak atau remaja, hal ini di sebabkan oleh pengaruh dari gaya hidup . Situasi ini ditandai dengan sensasi terbakar yang membuat tidak nyaman di belakang tulang dada yang sering merambah ke tenggorokan

Mengatasi nyeri perut (maag kronis) dengan bahan alami

Nyeri perut disebabkan oleh refluks asam, yang terjadi ketika cincin otot yang memungkinkan makanan masuk ke dalam perut (sfingter esofagus bagian bawah, atau LES) rileks saat seharusnya tidak. Hasilnya adalah asam dari perut akan kembali naik ke kerongkongan, yang kemudian dapat menyebabkan sensasi mulas. Pikirkan tentang hal ini ... asamnya membakar tenggorokan mu ... Aduh! Ini sebenarnya mungkin untuk memiliki refluks tanpa mulas, tetapi tidak mungkin untuk memiliki mulas tanpa refluks.

Berikut ini adalah cara mengatasi maag kronis dengan bahan alami antara lain:

1. Satu sendok baking soda

Satu sendok natrium bikarbonat, atau sesendok teh penuh, dapat membantu mengatasi sensasi sakit maag yang disebabkan oleh refluks asam. Baking soda, natrium bikarbonat lebih dikenal, dapat membantu refluks dan pada gilirannya membantu meredakan rasa. Baking soda memiliki pH lebih tinggi hingga 7,0, dan karena itu dapat menetralkan asam lambung.

Bahan-bahan: -1/2 Sendok teh atau 1 sendok teh baking soda kaca dan segelas air putih.

Caranya: Campur satu sendok teh baik tunggal ½ sendok teh atau 1 dari baking soda ke dalam segelas air yang tidak lebih dari 8 ons. kemudian aduk dan minum. kamu bisa mengulang ini sesuai dengan keperluan, tetapi tidak boleh melebihi tujuh ½ sendok teh dosis dalam waktu 24 jam. Selain itu, hindari menggunakan bahan ini sebagai obat untuk lebih dari seminggu berturut-turut, karena tinggi garam dan dapat memiliki efek samping seperti pembengkakan atau mual.

2. Jus lidah buaya

Aloe adalah tanaman yang digunakan untuk menenangkan luka bakar, dan sering di gunakan untuk membantu memutihkan, mengencangkan kulit yang terkena radiasi sinar matahari, namun nyatanya lidah buaya bisa di gunakan lebih dari itu yakni dapat mengurangi sakit maag juga, karena dapat mengurangi peradangan. Ini berarti ketika perut mulai mendapatkan iritasi dan meradang, segelas jus lidah buaya mampu membantu menenangkan masalah yang bergejolak dalam perut.

Bahan:-1/2 Cangkir jus lidah buaya

Caranya: Minum secangkir ½ jus lidah buaya sebelum makan. Perlu diingat bahwa lidah buaya dapat bertindak sebagai pencahar.


3. Permen karet (bebas gula)

Studi yang di lakukan oleh The Journal of Dental Research menemukan bahwa orang dengan gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD), atau sakit maag kronis, akan merasakan enak di perut ketika mereka mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan. Hal ini karena permen karet merangsang kelenjar ludah, dan meningkatkan aliran air liur. Setiap asam yang telah dibangun di usus diencerkan dan di hanyutkan atau di bersihkan lebih cepat.

Bahan: Sepotong -1 permen karet bebas gula

Caranya: Setelah makan,kunyah permen karet bebas gula dan mengunyah selama 30 menit untuk membantu menangkal mulas.

4.Teh+cuka sari apel+air putih matang

Caranya: Campur 3 sendok teh, atau sampai dengan 1 sendok makan, cuka sari apel menjadi 6-8 ons air tawar, dan minum. Lakukan hal ini sebelum makan (paling efektif,) sebelum tidur, atau 2-3 kali dalam sehari.

5. Makan pisang atau apel

Pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Makan buah apel beberapa jam sebelum tidur untuk menghilangkan atau mencegah ketidaknyamanan.

6. Membuat jahe teh

Jahe dapat membantu meringankan nyeri pada perut. Menyeruput secangkir teh segar sekitar 20 menit sebelum makan dapat membantu menenangkan perut.

Bahan-bahan:-3 biji jahe ukuran sedang dan -2 cangkir air teh

Caranya: Iris -3 jahe dan masukkan kedalam 2 gelas air mendidih, diamkan selama 30 menit. ambil sari jahe dan tuangkan ke dalam gelas, dan minum semua itu sekitar 20 menit sebelum makan.

7. Hindari pakaian ketat

Memakai celana jeans super ketat saat duduk dapat menenggelamkan pinggang ke daerah dalam perut. Selain itu pemakaian ikat pinggang, kemeja dan kaos yang ketat juga bisa mempengaruhi karena hal tersebut  menempatkan tekanan ekstra pada sfingter esofagus bagian bawah perut, yang membuat isi perut lebih memungkinkan akan mengalami refluks.

8. Jangan Merokok + alkohol 

Merokok dan minum alkohol dapat membuat kamu mengalami refluks yang mengerikan. Nikotin dan alkohol bekerja untuk melemahkan LES, sehingga lebih mudah bagi isi perut dan asam untuk naik ke kerongkongan. Alkohol juga akan mengiritasi perut.

Cara-cara mengatasi nyeri perut (magg kronis) dengan bahan alami di atas bisa dengan mudah kamu kerjakan. semoga info ini dapat bermanfaat buat kamu, selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi nyeri perut (maag kronis) dengan bahan alami"

Post a comment