7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak

7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak-Seseorang yang menderita batuk kering umumnya akan merasakan gatal di tenggorokan, kekeringan dan jika batuk tidak mengeluarkan dahak. Jika tidak di tangani dengan cepat efek dari batuk kering dapat menimbulkan luka atau radang tenggorokan.
7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak

Batuk kering mirip dengan TBC, namun batuk kering tidak seberbahaya TBC. Batuk kering memang menjengkelkan, apalagi ketika di tempat umum seperti lestoran, orang akan cenderung terganggu dan merasa risih. Jalan terbaik dari semua pengobatan yakni dengan mengubah gaya hidup sehat dan pola makan sehat seperti olah raga dan konsumsi makanan berprotein, zat besi, kalsium, vit dll.

Mengobati batuk harus dengan benar dan tepat, dengan 7 cara alami mengatasi betuk kering dan berdahak yang saya rekomendasikan ini, mungkin dapat menjadi solusi baik untuk kamu, selain mudah di temukan di dapur mu bahan-bahan ini juga lebih aman tanpa efek samping, asal tidak berlebih-lebihan.

Batuk di bagi menjadi dua yaitu batuk kering dan produktif. Batuk produktif adalah seseorang yang batuk namun dalam dada/paru-parunya terdapat dahak atau lendir (batuk berdahak). Untuk mengeluarkan dahak atau lendir pada batuk berdahak tidak perlu menekan tenggorokan (ngeden) namun hal ini tidak serta merta melupakan cara alami untuk mengatasi batuk berdahak, beberapa obat ini akan mengatasi batuk produktif dengan memasukkan ekspektoran, atau sesuatu yang mengendurkan ikatan lendir.

7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak


Batuk kering biasanya di sebabkan karena alergi , udara yang panas dan kering. Dalam hal ini sebaiknya beralih ke demulcents, bahan-bahan yang menenangkan iritasi selaput lendir dan menghapus iritasi pemicu batuk. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan bahwa bahan utama dalam sirup obat batuk (dekstrometorfan dan diphenhydramine) memiliki efektivitas yang sama dalam mengobati batuk sebagai bahan plasebo. Alih-alih beralih ke larutan kimia untuk setiap penyakit ringan, cobalah beberapa pengobatan rumah sebagai gantinya, selain baik untuk tubuh, bahan-bahan yang bisa di buat menjadi sirup ini juga dapat mengatasi batuk kering dan berdahak antara lain yaitu:

1. Madu

Penelitian yang dilakukan di Penn State College of Medicine, menemukan bahwa madu dapat bekerja lebih efisien untuk menenangkan batuk daripada over-the-counter obat. Madu merupakan penawar rasa sakit yang kaya, dengan viskositas tinggi dan enzim ditambahkan madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mempercepat penyembuhan batuk yang di sebabkan oleh bakteri.

Peringatan: Ini adalah obat alternatif yang sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa, namun tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun karena beresiko botulisme.

Cara meracik obat: Minum 1 sendok makan madu 1-3 kali sehari sesuai kebutuhan untuk mengontrol batuk, pagi sore dan malam sebelum idur. Untuk anak-anak dapat menyesuaikan dosis 1 sendok teh hingga satu sendok makan.

2.Akar Teh

Akar teh merupakan  ekspektoran yang baik dan penawar rasa sakit, sekaligus menenangkan saluran udara, melonggarkan dan mengikis lendir, dan mengurangi sesak di dada. akar teh juga dapat meringankan peradangan yang dapat mengiritasi tenggorokan. Konstituen utamanya, glycyrrhizin, bertanggung jawab untuk mencegah sebagian besar dampaknya. 30-50 kali lebih manis dari sukrosa, menghambat enzim 11beta-hidroksisteroid dehidrogenase, Enzim ini mengatur akses glukokortikoid (hormon steroid) pada reseptor steroid, sehingga dapat memperlambat konversi kortisol ke kortison. Hal ini meningkatkan efek kortisol dan mengurangi peradangan.

Peringatan: Jika kamu memiliki masalah dengan ginjal, sebaiknya menghindari pengobatan akar teh.

Bahan-bahan: 2 Sendok makan kering akar teh dan 8 ons air tawar

Cara meracik obat: Didihkan air dan masukkan akar teh ke dalam tempat perebusan. Tutup dan diamkan selama 10-15 menit. Minum seluruh ramuan sampai 2 kali sehari.

3. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam juga dapat mengatasi masalah tenggorokan, air garam dapat mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh batuk dengan cara yang sama membantu tenggorokan-melalui osmosis sakit. Ketika konsentrasi garam lebih tinggi di luar sel-sel dalam selaput lendir, air mengalir keluar dari sel untuk menyeimbangkan semuanya. Ketika air meninggalkan sel, pembengkakan turun, dan ketidak nyamanan menurun. Jika kamu mengalami batuk dengan jaringan yang meradang, ini adalah cara yang baik untuk mengambil langkah ini. Hal ini juga dapat membantu mengusir semua dahak yang menempel dengan mudah.

Bahan-bahan:1 Sendok teh garam, 8 ons air hangat

Cara membuat obat: Tuangkan garam kedalam air hangat kemudian aduk sampai larut. Berkumurlah selama 15 detik, meludah, dan ulangi dengan air yang tersisa. Setelah itu bilas dengan air biasa.

4.Uap

Secara harfiah uap dapat melonggarkan lendir dan dahak dengan cepat, tetapi kamu juga dapat menambahkan minyak esensial yang akan memberi manfaat penyembuhan yang lebih baik. Manfaat uap (anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi). Untuk campuran khusus ini saya telah menyertakan kedua minyak pohon teh dan minyak kayu putih, yang dapat membantu menenangkan dan membuka saluran udara/pernafasan serta membantu melawan bakteri atau virus.

Bahan-bahan: 3 tetes minyak pohon teh, dan 1-2 tetes minyak kayu putih, Semangkuk air, dan handuk berbulu halus yang bersih.

Caranya:

Rebus air secukupnya hingga mendidih. Lalu tuang air ke dalam mangkuk, biarkan agak dingin selama 30-60 detik, dan menambahkan minyak esensial, taruh anduk di atas mangkuk untuk mengikat uap. Ingat uap yang terlalu panas dapat membakar kulit jadi Gunakan handuk untuk menutupi kepala mu seperti tenda, menjebak uap, dan bernapas dalam-dalam. Idealnya, lakukan ini selama 5-10 menit 2-3 kali sehari.

5. Teh Thyme

Thyme telah digunakan selama berabad-abad, dan bahkan digunakan selama salah satu pandemi yang paling dahsyat terjadi dalam sejarah manusia. The Black Death adalah wabah yang memuncak di Eropa 1346-1353. Selama waktu itu, dan insiden lain dari wabah setelahnya, warga kota akan berkumpul untuk membakar bundel besar thyme untuk menangkal penyakit, atau membawa kantong thyme. Memang, thyme memiliki sifat anti-mikroba, namun thyme tidak menangkal wabah apa pun. Thyme melemaskan otot-otot trakea dan bronkus, juga membuka saluran pernapasan.

Bahan-bahan: satu tangkai thyme segar atau 2 sendok makan thyme kering, dan 8 ons air tawar, serta lemon.

Caranya:
tumbuh thyme hingga memar, misalnya dengan lesung dan alu, kemudian taruh dalam cangkir. tuangkan air panas sebanyak 8 ons, tutup, dan diamkan selama 10-15 menit. Tambahkan beberapa lemon atau madu secukupnya, dan minum semuanya. Ulangi 2-3 kali sehari sesuai kebutuhan. Ini benar-benar menyenangkan sebelum tidur (kecuali jika Anda bukan penggemar dari thyme)

6. Lada hitam & Madu.

Lada hitam adalah rempah-rempah yang paling diperdagangkan di dunia, tetapi sebagian besar penggunaannya terbatas pada dunia kuliner. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa lada hitam dapat membuat obat mujarap untuk batuk yang disertai dengan banyak lendir atau dada terasa sesak.

Jika kamu sengaja berada terlalu dekat dengan lada hitam ketika sedang digiling, kamu tahu itu bisa membuat batuk atau menggelitik hidung. Ini mungkin tidak menyenangkan secara teratur, tapi itu plus jika kamu perlu untuk mengusir semua hal buruk yang mengganggu paru-paru.

Madu mempunyai sifat antibakteri, jika di campur dengan lada hitam hal ini tentu akan membuat aroma lada hitam lebih ringan (tidak menyengat). kamu dapat membuat lada hitam menjadi "sirup" dengan madu, atau teh, seperti di bawah ini.

Bahan-bahan:1 Sdt lada hitam, 1 Sendok makan madu, dan 8 ons air tawar

Cara membuat: Tempatkan merica dan madu dalam cangkir dan kemudian campurkan ke dalam air mendidih. Kemudian aduk untuk membubarkan serpih merica dan meleleh di madu. Diamkan selama 10 menit, aduk sekali lagi, dan minum secara keseluruhan. Minum 1-2 kali sehari yang sesuai kebutuhan untuk melonggarkan pernafasan dan menghilangkan lendir.

7. Jahe Peppermint Sirup

Rasa pedas jahe bekerja sebagai ekspektoran, membantu mengatasi lendir dan mengusir dari paru-paru. situasi ini juga dapat menghentikan gatal yang menyakitkan di bagian belakang tenggorokan yang dapat memicu batuk jika pada gejala pertama, jika kamu mengalami batuk kering. Peppermint juga akan membantu meringankan gatal yang menjengkelkan akibat batuk.

Bahan-bahan: -3 Sendok makan cincang jahe, -1 Sendok makan peppermint kering, -4 cangkir air putih dan -1 cangkir madu.

Cara membuat: Cincang jahe dan menambahkannya bersama dengan peppermint untuk 4 gelas air. Didihkan dan kemudian menurunkan panas sehingga mendidih cair. Didihkan sampai cairan telah berkurang setengahnya. Biarkan agak dingin, kemudian aduk dalam 1 cangkir madu sampai larut semuanya. Masukkan ke dalam Botol dan minum 1 sendok makan setiap beberapa jam yang diperlukan. Racikan obat ini biasanya hanya mampu bertahan selama 3 minggu karena terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet.

Cukup sudah informasi tentang 7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak, semoga dengan kamu membaca artikel ini, kamu jadi lebih kreatif untuk meracik sirup mengobati batuk, good luck!?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 cara alami mengatasi batuk kering dan berdahak"

Post a comment