Cara sederhana mencegah penularan flu dan batuk

Intensitas hujan yang tinggi dan sering terjadi di bulan ini kadangkala mengakibatkan banjir di ibu kota (Jakarta) maupun daerah sekitarnya, selain itu pencemaran lingkungan dari hujan akibat banjir dan suhu yang tidak menentu menjadi faktor utama seseorang terjangkit flu dan batuk, hal ini tentu sangat mengganggu produktivitas kerja. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara sederhana untuk mencegah penularan flu dan batuk buat sobat yang sedang mengalaminya.

Cara sederhana mencegah penularan flu dan batuk

Virus dan bakteri adalah penyebab mutlak seseorang menderita flu dan biasanya di sertai batuk. Jenis penyakit ini mudah menular dan menyebalkan karena pasti akan membuat penderita merasa risih, begitu juga dengan orang yang ada di sekitarnya, tak jarang penderita lebih memilih mengurungkan niatnya untuk mengobrol atau bahkan ada yang cuti kerja, karena takut menularkan flu dan batuknya.

Mulai dari sekarang setelah sobat membaca artikel ini, sobat tidak usah terlalu khawatir lagi untuk tertular atau menularkan flu kepada orang di sekitar sobat, cukup pahami dan praktekkan cara sederhana mencegah penularan flu dan batuk, sobat sudah bisa beraktifitas kembali tanpa merasa canggung, takut, atau ragu, karena langkah ini akan sangat efektif, jika di kerjakan dengan benar.

Berikut ini adalah cara sederhana mencegah penularan flu dan batuk yaitu:

1.Menggunakan masker.

Memakai masker saat flu atau saat berhadapan langsung dengan si penderita flu, sangat di anjurkan hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya penularan flu/batuk oleh virus dan bakteri melalui udara, tetapi jika tidak memungkinkan untuk memakai masker sobat bisa melakukan cara sederhana kedua di bawah ini.

2.Cuci tangan minimal 20 detik

Mencuci tangan dengan sabun sampai bersih juga dapat mencegah terjadinya penularan. Mengapa kita harus rajin mencuci tangan? karena ketika penderita bersin dan bersalaman dengan sobat, lalu tanpa di sadari sobat menyentuh area kulit sekitar hidung atau mulut maka virus dan bakterinya akan menempel dan masuk ke organ tubuh melalui hidung dan mulut, akhirnya sobat akan tertular.

3.Menutup mulut dan hidung ketika bersin

Ketika sobat mengalami flu dan batuk sebaiknya selalu menyiapkan (tisyu dan alkohol 70% atau 100%). Gunakan tisyu yang sudah di basahi dengan alkohol tersebut untuk menutupi hidung/mulut saat sobat bersin ataupun batuk. Alkohol berfungsi untuk mematikan virus dan bakteri agar tidak mengakibatkan penularan.

Tiga langkah sederhana mencegah penularan flu dan batuk di atas sangat mudah kan, Nah waktunya saya pamit nih, oh ya jangan lupa baca artikel kesehatan lain yang saya tulis DI SINI terimakasih?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara sederhana mencegah penularan flu dan batuk"

Post a comment