Teknik olahraga lari yang tepat dan benar

Saat bicara perihal lari, biasanya orang condong konsentrasi pada kaki. Tetapi teknik olahraga lari yang tepat dan benar yaitu diawali dari kepala hingga ke kaki. Bila kepala serta badan sisi atas sejajar dengan benar, jadi badan sisi bawah serta langkah sobat mungkin saja  benar. Salah satu hal yang mutlak untuk dipahami mengenai lari yaitu bagaimana caranya lari yang irit tenaga.

Teknik olahraga lari yang tepat dan benar

Langkah gampang untuk melukiskan bagaimana teknik olahraga lari yang tepat dan benar yaitu, mesti dapat meluruskan badan dengan sebaik-baiknya, dan menjaga punggung tetap dalam posisi tegak, tidak membungkuk, hal ini bertujuan untuk menghindari cidera dan rasa lelah berlebih.

Berikut ini beberapa informasi perihal teknik olahraga lari yang tepat dan benar antara lain yaitu:

1.Posisi Kepala 

Menyesuaikan dengan baik sisi Kepala merupakan kunci dari teknik lari/jogging yang pas dan baik. Pandanglah ke depan menuju cakrawala, atas ataupun bawah. Hal semacam ini bakal meluruskan leher serta punggung, hingga bakal membuatnya jadi sesuai. Rahang, leher mesti santai serta dagu Anda tak mesti menganjur.

2.Posisi Bahu 

Jagalah posisi bahu sobat jadi persegi, rendah, longgar serta enjoy. Sesaat sobat melindungi bahu lurus dalam posisi persegi, juga tak bisa bergoyang dari segi ke segi. Janganlah membungkuk. Janganlah dibiarkan bahu sobat bergerak ke atas dan jadi tinggi serta ketat. Bila bahu terasa  tegang, kocok keluar serta bebaskan kemelut.

3.Posisi badan

Dengan posisi kepala serta bahu sejajar dengan benar, tubuh sobat juga mesti ada dalam posisi yang pas. Badan sobat mesti nyaris lurus, hingga sobat lari dalam posisi tegak, tetapi sedikit cenderung ke depan, bakal membuat postur badan yang betul-betul seimbang. Janganlah bertumpu serta janganlah membungkuk.

Badan Cenderung terlampau jauh ke depan dapat mengakibatkan tersandung, beresiko tinggi pada langkah, serta meletakkan desakan terlalu berlebih pada lutut serta punggung. Cenderung ke belakang bakal bikin sobat ambil langkah yang terlampau panjang/jauh serta memperberat pada tumit sobat, menghimpit lutut, pinggul serta punggung. Lari lah dengan bahu belakang tegak, buka dada untuk memperoleh kemampuan paru-paru yang maksimum yang sangat mungkin sobat dapat bernapas lebih gampang. Janganlah memutar badan sobat dari segi ke segi.

4.Posisi Lengan 

Gerakan lengan sangat penting, lantaran untuk menolong mendorong maju di waktu lari. Gerakan lengan juga menolong untuk meminimalisir perputaran posisi badan. Jagalah siku yang ditekuk dengan pojok seputar 90 derajat.

Lengan sobat mesti enjoy serta bergerak selaras dengan langkah kaki sobat. Ayunkan lengan sobat ke atas serta ke bawah. Ayunkan tangan sobat ke atas serta ke arah tulang dada. Waktu lakukan ayunan ke bawah tangan sobat keluar serta turun menuju pinggang. Jagalah gerakan yang tengah, janganlah mengayunkan lengan terlampau tinggi atau terlampau rendah, yakni melindungi lengan ada pada pinggang serta dada. Lengan diayunkan sedikit keluar, tak mesti diayunkan di semua badan. Beberapa besar gerakan lengan mesti maju serta mundur.

5.Posisi Tangan 

Jagalah posisi tangan serta pergelangan tangan tetap santai, dengan tak mengepalkan tangan. Jari-jari mesti menyentuh kedalam telapak tangan.

6.Posisi Pinggul 

Tak gampang memposisikan pinggul yang sama dengan kepala, Namun pinggul mesti menunjuk lurus ke depan. Pinggul mesti diposisikan dengan benar, bila kepala, bahu serta dada sejajar dengan benar. Bila tubuh cenderung terlampau jauh ke depan atau ke belakang, akan memiringkan panggul serta bikin badan sobat jadi tak sejajar.

7.Posisi Lutut 

Untuk ketahanan lari, lutut janganlah diangkat tinggi, cukup rendah saja untuk menghemat tenaga. Mengangkat lutut yang tinggi memerlukan banyak tenaga, serta biasanya dikerjakan untuk membuat kemampuan serta kecepatan. Jagalah lutut dengan sedikit ditekuk untuk meredam dampak waktu menyentuh tanah. Janganlah bikin langkah terlampau panjang, namun kaki cuma menyentuh tanah yang ada tak jauh di bawah badan. Bila kaki melebar kedepan badan, jadi sobat bikin langkah yang panjang. Lari dengan mengangkat lutut rendah bakal menolong waktu berhenti mengambil langkah.

8.Posisi Kaki 

Kaki sobat mesti menyentuh tanah dengan enteng, memutarnya kembali kedepan serta mendaratkan ujung kaki lebih dahulu ketanah. Lari semestinya tak keras serta berisik, namun dengan lembut, kenyal serta tenang.

Sekian sebatas panduan teknik olahraga lari yang tepat dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa juga baca artikel menarik lainnya DI SINI terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik olahraga lari yang tepat dan benar"

Post a comment