Bagaimana cara mengobati radang amandel?

Bagaimana cara mengobati radang amandel?- Amandel adalah bulatan (yang nyentil) sebesar biji jagung atau lebih di kenal dengan sebutan kelenjar getah bening yang letaknya berada persis di belakang mulut dan di atas tenggorokan. Amandel berfungsi sebagai filter untuk meminimalisir masuknya bakteri ke dalam perut, dan menghambat terjadinya infeksi dalam tubuh.

Bagaimana cara mengobati radang amandel?

Jika virus dan bakteri sudah menginfeksi amandel, maka akan menyebabkan radang tenggerokan hingga tonsillitis (radang amandel) Infeksi tersebut tidaklah kasat mata melainkan bisa di lihat dari bagian lain tenggorokan atau di sebut dengan infeksi faringitis.

Jika di banding orang dewasa anak-anak cenderung lebih rentan terserang Tonsilitis mungkin anak-anak suka jajan sembarangan (pola makan tak sehat). Berikut ini adalah gejala yang sering terjadi bagi penderita radang amandel yaitu:

1.sulit menelan
2.sakit telinga
3.Demam, menggigil
Sakit Kepala
4.Sakit tenggorokan - berlangsung lebih lama dari 48 jam dan bisa berat
5.Kelembutan rahang dan tenggorokan

Masalah atau gejala lain yang mungkin terjadi adalah:

1.Masalah pernapasan, jika amandel sangat besar
2.Masalah makan atau minum

Amandel memiliki warna merah dan tak jarang di sertai bintik-bintik putih, jika kelenjar getah bening pada rahang dan leher  bengkak kemungkinan teksturnya lebih lembut dari biasanya jika di sentuh.

Lalu bagaimana cara mengobati radang amandel?

Amandel bengkak yang tidak menyakitkan atau tidak menyebabkan masalah lain tidak perlu diobati. Dokter mungkin tidak memberikan antibiotik. namun  kemungkinan besar kamu diminta agar datang kembali untuk pemeriksaan nanti. Jika tes menunjukkan bahwa kamu memiliki radang, dokter akan memberikan antibiotik.

Cara mengobati tonsillitis :

  • Minum cairan dingin atau mengisap beku bar rasa buah.
  • Minum cairan, dan sebagian hangat (tidak panas), cairan hambar.
  • Berkumur dengan air garam hangat.
  • Mengisap lozenges (mengandung benzocaine atau bahan sejenis) untuk mengurangi rasa sakit (ini tidak boleh digunakan pada anak-anak karena risiko tersedak).
  • Ambil over-the-counter obat-obatan, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan demam. TIDAK memberikan aspirin anak. Aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye.

Jika seseorang mengalami infeksi berulang-ulang mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat amandel (tonsilektomi).

Outlook (Prognosis) Gejala Tonsilitis karena strep akan membaik dalam waktu 2 atau 3 hari setelah kamu memulai mengkonsumsi antibiotik.

Baca juga: cara memulai gaya hidup sehat

Anak-anak dengan radang tenggorokan harus dijaga dan perlu pendampingan saat di lakukan perawatan sampai mereka telah di beri antibiotik selama 24 jam. Hal ini membantu mengurangi penyebaran penyakit.

Komplikasi

Radang amandel jika tidak di tangani dengan cepat dan benar kemungkinan bisa mengakibatkan komplikasi seperti Penyakit ginjal yang disebabkan oleh strep, Demam, rematik dan masalah jantung.

Semoga kamu dapat mengambil manfaat banyak dari membaca artikel ini dan tahu bagaimana cara mengobati radang amandel dengan benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana cara mengobati radang amandel?"

Post a comment