Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan


Bagaimana caranya mengatasi nyeri ketika datang bulan (haid)?. Secara umum perempuan akan mengalami dismenore, atau kram, selama siklus menstruasi mereka. Hal ini terjadi ketika kontrak rahim terhadap pembuluh darah di dekatnya dan otot-otot Anda sejenak kehilangan suplai oksigen. Hal yang biasa bagi perempuan untuk mengalami peningkatan sakit punggung selama siklus mereka, meskipun mungkin menjadi kurang jelas dengan usia atau setelah kehamilan. Ada beberapa cara untuk Anda agar dapat mengurangi nyeri pada punggung, berikut ini adalah caraya:

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Pertama: Anda harus selalu mencoba metode yang paling lembut, yakni hanya mengambil obat atau mencari bantuan dari luar ketika Anda telah mencoba semua metode lainnya. Selanjutnya cari tahu bagaimana cara untuk mengatasi nyeri pada punggung saat menstruasi, dan berikut ini adalah cara tepatnya:.

1. Air hangat.

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Aplikasikan uap panas dari air ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Cara sederhananya adalah  Anda bisa memasukkan air yang lumayan panas ke dalam botol, lalu tempelkan ke tubuh, kurang lebih selama 15 hingga 20 menit. Cara ini dapat dengan mudah anda lakukan di rumah, atau di tempat kerja anda, dan banyak orang merasakan perubahan enak setelah melakukan rekomendasi ini.

- Atau anda bisa menggunakan (pad microwave pemanas). Panas tersebut dapat anda uji dengan memastikannya melalui cara berbaring di atasnya atau tempelkan di perut Anda dan meletakkannya di punggung bawah Anda. Bantalan pemanas microwave yang lebih baik adalah model listrik, karena mereka umumnya kehilangan panas setelah 20 menit, periode direkomendasikan untuk aplikasi panas.

- menggunakan perban pemanas, Anda dapat membelinya di apotek. Perban perekat ini ada yang berukuran sedang dan besar. Caranya bentangkan dan balutkan perban tersebut ke bagian perut hingga punggung. Penggunaan perban pemanas ini sebaiknya selama 20 menit, jika masih terasa nyeri anda bisa mengulangnya lagi, dengan waktu yang sama, kemudian lepas kembali.

2. Olahraga ringan. 

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

- Mungkin ketika anda haid, badan terasa remuk seperti saat anda sedang bekerja. Namun percaya atau tidak, menurut penelitian yang ada bahwa dengan melakukan olahraga ringan seperti senam, joging dan yoga dapat mengurangi rasa nyeri. Perempuan yang sering berolahraga cenderung lebih sedikit mengalami risiko nyeri perut atau punggung ketika datang bulan.

- Jika anda malas untuk joging, senam dan yoga? Anda bisa bersepeda, berenang, atau peregangan selama 20-30 menit, olahraga ringan cukup efektif mengatasi nyeri ketika datang bulan.

Catatan: Jangan sekali-kali anda melompat atau lari, karena hal ini dapat berisiko menambah nyeri pada punggung anda. Satu lagi yang perlu anda hindari!! Nyeri punggung dan kram di perut anda akan semakin buruk jika anda duduk. Sebaiknya anda berjalan atau berbaring di kasur, sofa atau lantai. Dengan berbaring dan berjalan maka akan membuat ringan nyeri dan kram pada tubuh anda.

3. Konsumsi makanan yang tinggi kafein dan garam.

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Jika anda perokok, sebaiknya tinggalkan sejenak untuk merokok atau minum alkohol. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein dan garam dapat membantu meringankan rasa sakit. atau anda bisa melakukan diet sehat dengan rajin makan sayur dan buah yang mengandung karbohidrat, hal ini juga mampu meminimalisir rasa sakit ketika anda menstruasi.


4. Minum teh. 

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Beberapa merek teh yang populer memiliki fungsi untuk meringankan "siklus Bulanan" campuran teh yang menggunakan bahan alami atau herbal yang diresepkan dalam pengobatan Cina. Carilah jenis teh yang mengandung Dong Quai dan chamomile.







5. Take dosis ibuprofen.

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Take dosis ibuprofen dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit dari kram. Anda juga dapat mencoba acetaminophen atau aspirin. Jika Anda sering menderita sakit punggung ekstrim rendah selama menstruasi, mengambil dosis pada tanda pertama dari kram.







6. Senam yoga. 

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan
Melakukan latihan yoga kurang lebih selama 20-30 menit, dengan mengembangkan serangkaian 4 latihan dari gerakan yoga, di percaya mampu mengatasi kram di perut, sakit atau nyeri pada punggung ketika datang bulan. Lakukan gerakan yoga dengan benar.

7. Refleksi pijat.

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Lakukan refleksi pemijatan hal ini bermanfaat sebagai relaksasi serta pelepasan ketegangan otot di pinggul, punggung, perut dan area lain dari tubuh.  Pijatan ini lebih cenderung untuk meredakan sakit pada punggung Anda.



8. Pijat sendiri.

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Jika Anda tidak ingin membayar untuk pijat, Anda dapat meminta seseorang untuk memijat lembut punggung Anda dengan minyak, atau melakukannya sendiri. Cobalah untuk menghabiskan 5 menit atau lebih untuk pijat sampai ke semua daerah punggung Anda yang memiliki ketegangan.






9.Consider sesi akupunktur atau akupresur. 

Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa modalitas ( kunci utama) dari Consider sesi akupunktur atau akupresur ini dapat mengobati nyeri punggung bawah dari kram serta ibuprofen.

Banyak pilihan cara jitu untuk mengatasi nyeri saat datang bulan yang bisa anda aplikasikan ketika anda mengalaminya. Kerjakan yang menurut anda baik, dan membuat hati dan perasaan anda nyaman. Mudah-mudahan info ini bermanfaat buat anda, terima kasih dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara jitu mengatasi nyeri ketika datang bulan"

Post a comment