15 gejala munculnya kanker pada wanita


Akhir-akhir ini banyak kasus mengejutkan mengenai gangguan kesehatan pada wanita, salah satunya adalah kanker payudara. Sekian banyak kasus kanker yang menyerang wanita selain kanker serviks adalah kanker payudara. Mulai hari ini, anda sebagai kaum hawa harus lebih berhati-hati serta mewaspadai gejala munculnya kanker payudara yang jika anda tidak benar-benar rajin merawat kesehatan tubuh, maka kemungkinan besar mimpi buruk ini bisa menyerang anda kapan saja.

15 gejala munculnya kanker pada wanita

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, dan umumnya terjadi pada wanita yang tidak menjaga pola hidup dan pola makan sehat, hobi mengonsimsi makanan berpengawet seperti mie instan misalnya juga dapat mempengaruhi timbulnya kanker ganas ini, sebaiknya anda membatasi jenis makanan seperti ini, guna untuk mencegah agar tidak terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan.

Apakah anda tahu bahwa sebenarnya tubuh anda (wanita) rentan mengalami perubahan? Jika anda belum menyadarinya, sebaiknya perhatikan hal ini! Pada dasarnya tubuh seorang wanita mudah berubah-ubah dan kulit wanita lebih sensitif di banding pria. Terkadang perubahan itu terlihat normal dan secara kasat mata tidak ada sesuatu yang mencurigakan, padahal dalam perubahan tersebut terkadang menyimpan suatu penyakit atau yang di sebut juga dengan tanda-tanda terjadinya kanker.

Meskipun demikian, anda tidak perlu terlalu khawatir, di sini saya akan memberikan kunci pembuka gembok mengenai kesehatan tubuh anda. Untuk mengetahui anda mengalami perubahan yang bakal merugikan tubuh anda atau tidak, anda seharusnya pahami dengan seksama dan perhatikan 15 gejala timbulnya kanker payudara pada wanita, berikut ini adalah gejala dan tanda-tandanya di antaranya adalah:

1. Berubahnya bentuk Payudara

Umumnya banyak benjolan yang terdapat pada payudara namun itu bukan kanker. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya periksakan kedokter pribadi anda agar lebih tahu pasti tentang Perubahan-perubahan seperti di bawah ini:

- Kulit payudara berkerut atau dimpling.
- Bentuk puting yang membalik ke dalam, tidak menonjol keluar.
- Terdapat sisik pada puting atau kulit payudara, serta kulit berwarna kemerahan.

Untuk mencari penyebab dan gejala kanker payudara, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta memberikan pertanyaan tentang riwayat kesehatan anda. Atau dokter akan melakukan tes seperti mammogram atau biopsi, kepada anda.

2. Perut Kembung

Perut kembung yang konstan biasanya bisa berarti munculnya kanker payudara (ovarium). Dokter akan memriksa tubuh bagian panggul dan tes darah, atau USG untuk mencari penyebabnya.
"Perempuan bloaters alami," kata Marleen Meyers, MD, seorang ahli onkologi di NYU Langone Medical Center. "Tidak masalah untuk menunggu satu, atau dua minggu untuk melihat apakah situasi tersebut akan hilang."

3. Antara-pendarahan saat haid.

Jika Anda masih mengalami menstruasi, beritahu dokter Anda jika terdapat bercak di antara mereka. Pendarahan tersebut bukan bagian dari siklus bulanan yang biasa Anda dapat. hal ini memiliki banyak penyebab, tetapi dokter akan menyingkirkan kanker endometrium (kanker lapisan rahim Anda). Perdarahan setelah menopause tidak pernah normal dan harus diperiksa secepatnya.

4. Perubahan Kulit

Perubahan dari ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat serta tempat lain adalah tanda dan gejala umum munculnya kanker kulit. Temui dokter Anda untuk pemeriksaan menyeluruh dan mungkin biopsi. Ini adalah salah satu waktu yang lumayan kritis dan sebainya anda memeriksakan dengan segera.

5. Darah di Pee Anda atau feses

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan dari bagian tubuh Anda yang biasanya tidak bermasalah, terutama jika pendarahan berlangsung lebih dari satu atau dua hari.

Buang air besar berdarah dan sering wasir, juga dapat menjadi gejala dari kanker usus besar. Kencing berdarah biasanya merupakan tanda pertama dari kanker kandung kemih atau ginjal.

6. Perubahan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening yang kecil, kelenjar berbentuk seperti kacang tanah seluruh tubuh. Kebanyakan perubahan di dalamnya berasal dari infeksi umum. Tetapi beberapa kanker, termasuk leukemia dan limfoma, juga dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak.

Ini adalah waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, jika Anda memiliki benjolan atau pembengkakan di mana saja di tubuh Anda yang berlangsung satu bulan atau lebih.

7. Sulit Untuk Menelan

Jika ini sesekali terjadi sulit menelan mungkin tidak ada yang perlu di khawatirkan, namun jika ini sering, terutama di barengi dengan muntah atau penurunan berat badan, cepat periksakan ke dokter, keadaan ini biasanya mengindikasikan bahwa anda terserang kanker tenggorokan atau kanker perut.

Dokter akan meneliti gejala Anda dengan ujian tenggorokan dan barium X-ray. Selama tes barium, Anda diberi minum berbentuk cairan khusus yang membuat tenggorokan Anda menonjol di X-ray.

8. Berat Badan turun Tanpa diet.

Umumnya perempuan ingin menurunkan berat badanya tanpa bersusah payah untuk menjalani program diet. Tetapi jika hal ini benar-benar terjadi dan anda kehilangan £ 10 atau lebih tanpa diet atau olahraga ini harus di pertanyakan, dan biasanya ini adalah tanda adanya masalah.

Penurunan berat badan yang paling tidak diinginkan adalah bukan kanker, Meyers mengatakan. "Ini sering disebabkan oleh stres atau tiroid Anda, tetapi dapat menjadi tanda kanker pankreas," katanya. Perut dan kanker paru-paru juga mungkin. Dokter Anda mungkin meminta banyak tes untuk mencari masalah, termasuk tes darah dan tes imaging, seperti CT scan.

9. Heartburn

Terlalu banyak makan, minum alkohol, atau stres (atau semua) dapat menyebabkan perut mulas dengan tingkat serius. Meyers menunjukkan bahwa Anda mengubah diet Anda untuk satu atau dua minggu untuk melihat apakah gejala yang anda sedang alami tersebut dapat menjadi lebih baik.

Jika dengan olahraga atau diet tidak dapat membantu, konsultasikan dengan dokter Anda. Mulas yang tidak hilang atau semakin memburuk bisa berarti kanker perut, tenggorokan, atau ovarium.

10. Perubahan pada mulut. 

Jika Anda seorang perokok, perhatikan bercak putih atau terang-merah yang terdapat di dalam mulut atau di bibir Anda. Jika benar ada? Keduanya dapat di indikasikan sebuah tanda dari kanker mulut. Tanyakan kepada dokter atau dokter gigi tentang tes dan cara pengobatannya.

11. Demam

Demam yang tidak kunjung sembuh serta tidak dapat dijelaskan, bisa berarti leukemia atau kanker darah lain. Dokter Anda harus mendapatkan rincian riwayat kesehatan Anda dan memberi Anda pemeriksaan fisik untuk memeriksa gejala dan penyebabnya.

12. Kelelahan

Banyak wanita yang lelah karena mereka menjalani kehidupan yang sibuk. Tapi kelelahan ekstrem yang tidak akan pergi dan tidak normal. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda tidak pernah lelah akan lebih baik atau jika Anda memiliki gejala lain, seperti darah dalam tinja Anda. Dokter Anda akan meminta riwayat medis lengkap dan memberikan pemeriksaan darah.

13. Batuk

Sering sekali batuk pergi sendiri dalam 3 sampai 4 minggu. Jangan abaikan yang berlangsung lebih lama dari itu, terutama jika Anda merokok atau sesak napas. Jika Anda batuk mengeluarkan darah, sebaiknya cepat pergi ke dokter. Batuk adalah gejala yang paling umum dari kanker paru-paru.

14. Nyeri

Kanker tidak menyebabkan sebagian tubuh lainnya sakit. Tetapi rasa sakit yang terus menerus dapat memberi sinyal kanker tulang, otak, atau kanker lainnya.

15. Belly Sakit dan Depresi

Hal ini jarang terjadi, namun rasa sakit di perut ditambah depresi dapat menjadi tanda kanker pankreas. Jika Anda khawatir? Tidak, kecuali kanker pankreas berjalan dalam keluarga Anda, Meyers mengatakan. "Kemudian Anda perlu prompt [ujian atau tes kesehatan]."

Teliti dan pahami 15 gejala munculnya kanker di atas, supaya anda lebih tahu tentang kanker. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberi manfaat kepada anda, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 gejala munculnya kanker pada wanita"

Post a comment