Penyebab dan gejala sinusitis pada anak

Karena anak-anak belum sepenuhnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka mereka cenderung lebih sering mengalami infeksi sinus, penyebab dan gejala sinusitis pada anak-anak tidaklah sama. Sinus adalah ruang udara yang lembab di dalam tulang wajah atau di sekitar hidung. Ketika mereka menjadi terinfeksi dan membengkak atau mengalami iritasi, ini disebut sinusitis atau (infeksi sinus). Infeksi ini biasanya mengikuti pilek atau serangan alergi. Sinusitis adalah umum dan mudah diobati.

Penyebab dan gejala sinusitis pada anak

penyebab sinusitis pada anak

Ada empat jenis Sinusitis yang menempat di dalam ruang kosong yang terletak di tulang pipi (sinus maksilaris), dahi (sinus frontal), di belakang hidung (sinus ethmoid), dan jauh di dalam otak di belakang hidung (sinus sphenoid). Sinus dilapisi dengan membran mukosa yang sama yang melapisi hidung dan mulut.

Ilustrasi sinusitis

Ketika seseorang mengalami kedinginan atau alergi dan saluran hidung menjadi bengkak serta berlendir, begitu juga dengan jaringan sinus. Sistem drainase untuk sinus bisa di terhenti, dan lendir dapat terjebak dalam sinus. Bakteri, virus, dan jamur dapat tumbuh di sana sehingga dapat menyebabkan sinusitis.

gejala sinusitis pada anak
Sinusitis dapat menyebabkan gejala yang berbeda untuk anak-anak dari berbagai usia.

Anak-anak sering memiliki gejala flu seperti, termasuk hidung tersumbat atau berair dan demam ringan. Jika flu pada anak terus berkembang hingga mengakibatkan demam pada fase 5-7 hari setelah gejala flu di mulai, itu bisa menandakan sinusitis atau infeksi lain (seperti bronkitis, pneumonia, atau infeksi telinga). 

Banyak orang tua mengira bahwa sakit kepala dan dingin pada anak-anak adalah infeksi sinus padahal belum tentu. sinus di dahi tidak akan berkembang sampai anak-anak berusia 6 atau 7 tahun dan tidak cukup dibentuk untuk terinfeksi sampai masa remaja awal. Jadi sakit kepala pada anak-anak yang memiliki pilek biasanya bukan infeksi sinus.

Pada anak-anak yang lebih tua dan remaja, gejala sinusitis yang paling umum adalah batuk yang tidak kunjung membaik setelah 7 hari pertama gejala flu, demam, sesak nafas, napas busuk, sakit gigi, sakit telinga, atau nyeri di wajah. Kadang-kadang, remaja yang memiliki sinusitis juga mengeluh sakit perut, mual, sakit kepala, dan nyeri di area sekitar belakang mata.

Dengan mengetahui penyebab dan gejala sinusitis pada anak dengan benar, tentu akan lebih mudah dan yakin untuk mendeteksi bahwa anak tersebut mengalami sinusitis atau tidak, mudah-mudahan informasi di ini dapat memberi manfaat buat anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan gejala sinusitis pada anak"

Post a comment