Gejala dan penyebab nyeri pada payudara


Dalam tahap tertentu, banyak wanita yang mengalami gejala dan penyebab nyeri pada payudara. Umumnya kasus nyeri tersebut, berkembang pada hari-hari sebelum masa haid (datang bulan). Rasa sakit ini sering ringan, namun ada beberapa perempuan, yang merasakan nyeri yang teramat sangat, hal ini tentu dapat mempengaruhi kualitas hidup. Pilihan pengobatan seperti obat penghilang rasa sakit dan (topikal) serta obat anti-inflamasi, dapat menjadi solusi dan telah di rekomendasikan.

Gejala dan penyebab nyeri pada payudara

Apa saja jenis nyeri pada payudara? 

1. Nyeri payudara (mastalgia) digolongkan sebagai salah satu dari: -nyeri payudara siklis yaitu rasa sakit yang terkait dengan haid. Biasanya, hal itu terjadi pada paruh kedua siklus bulanan, situasi tersebut semakin buruk pada hari-hari sebelum memasuki masa haid.

2. Nyeri payudara (non-cyclical) adalah rasa sakit yang tidak berhubungan dengan periode (haid).
Survei membuktikan bahwa 7 dari 10 wanita mengalami nyeri payudara pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka. Sekitar 2 di 3 kasus nyeri payudara siklis, dan sekitar 1 dari 3 non-cyclical.

Jika Anda tidak yakin jenis nyeri payudara yang Anda miliki, mungkin Anda harus mencatat dalam buku harian sakit selama 2-3 bulan. Catat hari-hari saat Anda memiliki nyeri payudara, dan menyoroti hari-hari ketika rasa sakit cukup parah, yang mempengaruhi gaya hidup Anda. Lihat dan pahami pola apa yang muncul.

Nyeri payudara siklis

Nyeri payudara siklis sangat umum. Hal ini dapat terjadi pada semua usia setelah mulai memasuki masa haid, tetapi paling sering pertama berkembang antara usia 30 dan 50 tahun. Ini tidak terjadi pada wanita menopause masa lalu ketika periode berhenti.

gejala nyeri pada payudara siklis

Banyak wanita yang mengalami gejala yang ringan. Memang, itu bisa dianggap normal, untuk memiliki beberapa ketidaknyamanan payudara selama beberapa hari sebelum masa haid. Tetapi, survei membuktikan lagi bahwa, sekitar satu dari sepuluh wanita mendapati rasa sakit menjadi parah atau bertahan lebih lama, 1-2 minggu sebelum haid. 3-5 hari sebelum periode biasanya yang terburuk. Rasa sakit biasanya dapat memudahkan darah kotor keluar setelah haid dimulai.

Keparahan bervariasi dari bulan ke bulan. Biasanya, rasa sakit mempengaruhi kedua payudara. Hal ini merupakan keadaan yang buruk di bagian atas dan luar payudara, dan rasa nyeri itu dapat merambah/berlanjut ke bagian dalam lengan atas.

Payudara Anda mungkin juga terasa lebih bengkak, kenyal, dan kental dari biasanya. Lumpiness ini umum sehingga tidak menimbulkan pasti pembentukan benjolan tunggal. Pembengkakan ini dan lumpiness kemudian segera meningkatkan siklus darah untuk keluar setelah haid dimulai.

Kualitas hidup bagi beberapa wanita, dapat di pengaruhi secara signifikan. Aktivitas fisik seperti jogging dapat membuat rasa sakit lebih buruk. Hal-hal seperti saat Anda memeluk anak-anak, atau aktivitas seksual dapat menyakitkan.

Apa yang menyebabkan nyeri payudara siklis?

Diperkirakan bahwa, wanita dengan nyeri payudara siklis memiliki jaringan payudara yang lebih sensitif, dari biasanya untuk perubahan hormonal yang normal yang terjadi setiap bulan. Hal ini bukan karena penyakit hormon, atau untuk masalah pada payudara itu sendiri. Situasi ini tidak berhubungan dengan kondisi payudara lainnya. Meskipun tidak serius, dapat menjadi gangguan.

Apakah ada pengobatan untuk nyeri payudara siklis?

Tidak ada pengobatan mungkin diperlukan jika gejala yang ringan. Banyak wanita yang diyakinkan dengan mengetahui bahwa nyeri payudara siklis bukan merupakan gejala kanker atau penyakit payudara yang serius. Masalahnya mungkin menetap dengan sendirinya dalam waktu 3-6 bulan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa nyeri payudara siklis akan hilang dalam waktu tiga bulan dari onset dalam waktu sekitar 3 dalam 10 kasus. Tetapi, 6 dari 10 wanita, di mana rasa sakit tersebut telah pergi, dapat berkembang lagi kapan-kapan dalam waktu dua tahun. Jadi, dengan kata lain, nyeri payudara siklis dapat datang dan pergi selama bertahun-tahun.

Jika rasa sakit lebih parah, atau untuk saat-saat itu mungkin menyala lebih buruk dari biasanya, pilihan pengobatannya  adalah sebagai berikut:

a. Gunakanlah bra yang mendukung (sesuai dan nyaman) ketika payudara Anda sakit. Mungkin ada sebaiknya memiliki bra yang cocok untuk Anda, karena sebenarnya banyak wanita memakai ukuran bra yang salah. Beberapa wanita mengungkapkan bahwa mengenakan bra yang mendukung 24 jam sehari, selama satu pekan sebelum menstruasi sangat membantu. Cara terbaik untuk pemakaian bra adalah menghindari bra underwired. Kenakanlah bra olahraga ketika Anda berolahraga.

b. Obat penghilang rasa sakit serta anti-inflamasi. Misalnya, parasetamol atau ibuprofen. Minumlah obat tersebut secara teratur pada hari-hari ketika payudara Anda mengalami nyeri yang menyakitkan.

(Topikal) non-steroid anti-inflammatory drugs Rub-on (NSAID). Sebagai contoh, diklofenak topikal atau ibuprofen topikal. Anda dapat membeli berbagai NSAID topikal atau mendapatkan obat-obatan itu sesuai resep dokter. NSAID topikal telah terbukti dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat nyeri pada payudara siklis.

Ingat!!!. Terapi kontrasepsi pil atau hormon pengganti (HRT) dapat membuat nyeri payudara siklis tambah buruk. Selain itu, obat lain juga dapat memperburuk nyeri payudara siklis. Contoh, beberapa obat antidepresi, dan beberapa obat tekanan darah. Jika memang sesuai, mungkin layak berhenti atau mengubah obat Anda untuk melihat apakah ini membantu. Diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

c. Obat untuk memblokir hormon. Obat-obatan seperti danazol, bromocriptine, tamoxifen dan goserelin suntikan dapat mengurangi rasa sakit dalam berbagai kasus. Obat-obatan ini bekerja dengan mengurangi tingkat kenyerian, atau memblokir efek hormon wanita seperti estrogen. Anda perlu mengkonsumsinya secara teratur (tidak hanya ketika rasa sakit terjadi). Obat ini sebaiknya tidak di konsumsi oleh penderita menstruasi ringan, namun Anda yang memiliki sakit parah, yang terjadi selama sebagian besar bulan serta tidak mendapati kemudahan dengan perawatan lain.

d. Evening primrose oil. Obat ini banyak di gunakan dan menjadi pengobatan yang sangat populer. Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa obat jenis ini memiliki dampak buruk yang kecil. Tetapi, ada beberapa wanita yang masih belum mengeahui manfaat dari obat itu. Minyak evening primrose mengandung berbagai jumlah asam gamolenic bahan aktif. Dosis biasanya 120-160 mg asam gamolenic, minumlah obat ini dua kali sehari.

Nyeri payudara non-cyclical

Nyeri payudara dapat datang dan menyerang sepanjang waktu, atau datang dan pergi dengan cara yang tidak menentu. Jenis nyeri payudara non-cyclical tidak ada kaitannya dengan menstruasi, dan paling sering terjadi pada wanita berumur di atas 40 tahun. Rasa sakit umumnya hanya dalam satu payudara, dan dapat beralih ke salah satu daerah di payudara. Kadang-kadang nyeri dirasakan di seluruh bagian satu atau juga kadang di kedua payudara.

Penyebab nyeri pada payudara non cyclical

Biasanya non cyclical di sebabkan oleh nyeri yang berasal dari jaringan payudara itu sendiri, dalam hal ini sebenarnya tidak ada benjolan, tumor, atau kelainan lain yang terdeteksi. Alasan mengapa jenis nyeri terjadi tidak diketahui.
  • Nyeri datang atau memancar dari dinding dada di bawah payudara daripada payudara itu sendiri. Untuk beberapa kasus, ini disebabkan pleh masalah otot atau tulang dinding dada.
  • Selain itu ada beberapa kasus yang di temukan, bahwasanya rasa nyeri yang di hasilkan oleh non cyclical adalah dampak dari pada infeksi, yang berada di daerah sekitar payudara (dada).
  • Survei penelitian juga menemukan dan membuktikan, bahwa Herpes zoster juga dapat menyebabkan rasa sakit sebelum ruam berkembang.
  • Tumor payudara, kanker dan benjolan adalah penyebab yang sangat umum dari nyeri payudara. Namun penyebab dari non cyclical ini seringkali samar, atau tidak jelas. Jadi alangkah baiknya jika Anda, harus lebih sering memeriksakan masalah payudara Anda ke dokter.
Pengobatan untuk nyeri payudara non-cyclical?

Dalam banyak kasus sakit pergi setelah beberapa bulan tanpa pengobatan. NSAID seperti ibuprofen dapat mengurangi rasa sakit. Gosok-on (topikal) NSAID juga dapat bekerja dengan baik. Pengobatan lain mungkin bisa Anda lakukan. Namaun tergantung pada apakah penyebabnya yang ditemukan.

Nyeri payudara dan kanker payudara

Wanita dengan nyeri payudara sering khawatir bahwa rasa sakit tersebut disebabkan oleh kanker payudara. Namun, Anda harus tahu gejala pertama dari kanker payudara biasanya benjolan menyakitkan, jika tidak demikian, berarti bukan. Nyeri biasanya tidak merupakan gejala awal.

Namun, meskipun nyeri payudara ini tidak mungkin disebabkan oleh kanker. Sepertinya Anda harus berkonsultasi dengan dokter, supaya dokter Anda dapat melihatnya, jika Anda memang mempunyai keprihatinan dan kekhawatiran apapun tentang rasa sakit pada payudara atau gejala payudara lainnya.

Secara khusus, dokter akan bertanya tentang apa yang Anda alami, mengenai nyeri pada payudara Anda, seperti Sebuah benjolan di payudara atau di bawah lengan Anda. Discharge dari benjolan atau puting. Sebuah riwayat keluarga kanker payudara. Pembengkakan dan kemerahan pada payudara Anda. Setiap gejala kehamilan, seperti terlambat haid. Semoga Anda paham dalam hal ini, OK?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala dan penyebab nyeri pada payudara"

Post a comment