Bagaimana caranya membedakan buah yang masih segar

Jika kemarin saya update postingan tentang cara menikmati buah agar mendapatkan manfaatnya, Nah kini waktunya saya membahas tentang bagaimana caranya memilih dan membedakan buah yang masih segar atau tidak. Akhir-akhir ini memang marak dan sering kita jumpai, banyak buah di pasaran dengan kualitas rendah atau di bawah standar rata-rata, hal ini tentu sangat merugikan kita sebagai konsumen.

Bagaimana caranya membedakan buah yang masih segar

Meski banyak sidak atau razia makanan oleh pihak berwajib, tetapi demi meraup laba agar memproleh profit yang tinggi, masih saja banyak pedagang yang menjajakan dagangan buahnya dengan curang. Aduh sungguh memprihatinkan dan meresahkan kamu kan?

Sepertinya kecurangan tersebut tidak akan pernah ada akhirnya, jalan satu-satunya yang penting untuk mensiasati masalah ini, kamu harus tau bagaimana caranya memilih dan membedakan buah yang masih segar dengan buah yang tidak segar.

Selain pedagang lokal ternyata banyak juga pedagang mancanegara (antar negara) yang melakukan hal yang sama, faktanya bea cukai Indonesia sering menemukan kasus-kasus kecurangan dalam penjualan buah, misalnya demi menjaga buah agar tetap segar, mereka memberikan zat pengawet berbahaya ke dalam buah, yang jika kamu konsumsi jangka panjang akan menimbulkan penyakit kronis seperti kanker dan diare. Anehnya lagi kegiatan haram tersebut masih saja terus terjadi.

Kamu haras paham betul mana buah yang segar (menyehatkan) supaya kamu tidak menjadi korban kelakuan bejad mereka, nah saya punya tips buat kamu mungkin bisa membantu dan bermanfaat.

Cara membedakan buah yang masih segar

1.Tekstur Buah yang keras

  • Jika di pencet atau di teken tidak lembek melebihi batas normal kematangan, karena buah yang lembek selain menandakan hampir busuk/sudah busuk, kandungan gizi nya pun hilang dan mengandung bakteri jahat, jika tetap di konsumsi, kamu akan terserang sakit perut (diare)
2.Kulit buah tidak pucat
  • Kulit buah yang pucat, biasanya kirut, warnanya berubah tidak sesuai dengan warna aslinya. Kulit buah yang pucat tekstur buahnya cenderung lembek, dan tidak kasat mata.
3.Baunya normal
  • Buah segar tidak mengeluarkan aroma bau yang menyengat, meskipun bau tetapi tidak melebihi batas kewajaran (normal) bahkan ada beberapa jenis buah segar yang tidak mengeluarkan cirikhas baunya seperti apel, jambu air, semangka, buah naga, blewah dll.
4.Tidak terlalu banyak di kerumuni lalat
  • Buah segar yang normal masih di kerumuni lalat namun tidak banyak, jika kamu melihat buah di kerumuni lalat hijau, sebaiknya jangan punya keinginan untuk membelinya.
5.Teliti
  • Kamu harus menjadi seorang pembeli yang teliti dan bijak, usahakan minta penjual untuk membelah buah sebagai (sempel) jika warnanya keling dan tidak ada lalat yang mau mendekat, artinya buah tersebut tidak segar lagi karena sudah mengandung pengawet berbahaya.
Lima cara memilih dan membedakan buah yang masih segar di atas mudah-mudahan bisa membantu kamu. Jangan lupa baca artikel menarik ini Khasiat buah naga untuk mengatasi rematik, asam urat dan kanker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana caranya membedakan buah yang masih segar"

Post a comment