Cara tepat melakukan smesh ketika bermain voli


Smesh (spike) merupakan salah satu kunci sukses untuk meraih kemenangan ketika bermain voli. Bagaimana tidak? Dengan kita melakukan smesh keras ke jantung pertahanan lawan, bukan tidak mungkin kita akan meraih angka atau mencetak nilai tambahan dalam suatu peraturan dalam permainan olahraga bola voli itu sendiri. Umumnya spiker (penyemesh) melakukan pukulan ketika bola memasuki momen ketiga, hal ini akan mempermudah tosser mengumpan dan memberi kesempatan kepada spiker untuk melakukan kuda-kuda dan mengecoh pertahanan pemain lawan.

Cara tepat melakukan smesh ketika bermain voli

Kali ini saya akan berbagi solusi dan informasi tentang cara tepat melakukan smesh ketika bermain voli, kepada anda yang benar-benar awam atau baru saja menekuni permainan bola voli. Jika anda ingin menjadi seorang pemain profesional atau paling tidak menjadi spiker jitu, sebaiknya anda perhatikan beberapa cara berikut ini di antaranya yaitu:

1. Peregangan.

Melakukan peregangan otot lengan dan kaki paling tidak selama 10-15 menit sebelum memulai permainan, hal ini akan membantu anda untuk terhindar dari resiko cidera pada otot kaki dan lengan.

2. Atur posisi.

Mengatur posisi yang tepat ketika akan memulai melakukan pukulan smesh ini sangat penting. Caranya: Atur posisi anda dari belakang garis 10- kaki dari garis serang, atau sekitar 4 langkah dari garis net.

-Namun jika anda memiliki kaki yang panjang, anda harus menyesuaikan dengan postur tubuh anda, dan mengambil langkah yang lebih lebar, serta berdiri sedikit lebih jauh.

-Jika anda pemain kidal sebaiknya anda melakukan spike dari sisi sebelah kanan. Jika anda pemain dengan pukulan tangan kanan, sebaiknya anda lebih condong melompat di sisi bagian kiri.

-Jika anda memiliki postur tubuh yang tinggi, atau memiliki lompatan yang tinggi sebaiknya anda tidak dari sisi kanan atau kiri. Yang tepat adalah dari sisi tengah, hal ini akan memudahkan anda untuk mengarahkan bola kemana pun yang anda suka ketika melakukan spike.

3. melakukan star.

Mengatur posisi star ketika anda akan melakukan smesh, jika anda pemain dengan pukulan tangan kanan, lakukanlah lompatan yang diawali dengan tiga fase yaitu kaki kanan, lalu kaki kiri dan kaki kanan terus melompat.

Begitu juga sebaliknya jika anda kidal, dua langkah terakhir harus menempatkan kaki Anda sedikit dari sudut 45 derajat dari net.

4. Prepare untuk melompat.

Saat anda mulai melompat dan mengambil dua langkah terakhir tersebut, Anda harus mulai memperpanjang lengan Anda ke bawah dan ke belakang serta menekuk lutut Anda.

5. Jump tepat sebelum Anda mencapai bola. 

Perlu diingat jika Anda ingin memukul bola lebih keras, anda harus mencondongkan bahu badan anda sedikit kedepan. Anda harus melakukan kontak dengan bola di depan Anda, tidak tepat di atas kepala. Menjaga mata Anda pada bola, dan melompat, mengayunkan lengan Anda di depan Anda (ini akan membantu Anda melompat lebih tinggi, tapi hati-hati untuk tetap menjaga keseimbangan agar tidak menghasilkan penalti atau mati).

Cobalah untuk mendapatkan sebuah lengkungan ( badan dari belakang terus membungkuk ke depan) hal ini akan memberikan lebih banyak kekuatan. Gunakan lengan Anda untuk mendapatkan diri Anda lebih tinggi di atas net dengan gerakan berayun

6. Prepare untuk memukul bola.

Ketika Anda berada di udara, arahkan bola dengan telapak tangan Anda, dan menarik tangan untuk memukul kembali sehingga punggung tangan Anda tepat di sebelah telinga - sama seperti jika Anda menarik busur dan anak panah. Anda harus menggunakan tangan Anda sebagai panduan untuk memukul.

7. Extend tangan ketika memukul.

Ektend tangan ketika anda akan memukul bola harus terhubung dengan tumit tangan dengan posisi terbuka yang anda ayun dengan kuat tanpa bimbang dan ragu. Untuk dampak maksimum, menjaga telapak terbuka. Sekali lagi, titik kontak harus selalu berada di depan kepala Anda, bukan di atasnya.

8. Snap pergelangan tangan.

Snap pergelangan tangan Anda mengarah ke bawah untuk memberikan topspin dan mengarahkan bola ke dalam pengadilan (lapangan) lawan saat melebarkan jari-jari Anda .. Hati-hati untuk tidak "membawa" atau "memegang" bola bahkan untuk satu detik.

9. Follow melalui lengan. 

Membawa lengan Anda ke bawah "melalui" bola dan di samping tubuh Anda. Hal ini memastikan bahwa Anda tidak kehilangan momentum di seluruh hit Anda. Pastikan untuk menekuk lutut Anda untuk menyerap kejutan ketika Anda mendarat.

Lakukan cara tepat melakukan smesh ketika bermain voli di atas dengan benar, maka anda akan mendapatkan tambahan stamina yang kuat ketika bermain voli. mudah-mudahan informasi ini dapat membantu anda dalam tahap usaha belajar. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara tepat melakukan smesh ketika bermain voli"

Post a comment