Jenis Kanker Kulit yang harus di waspadai

Jenis Kanker Kulit yang harus di waspadai yang bikin goyang ngebor jari-jemari tangan.
Anda musti tahu bahwa kanker kulit merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit, yang meliputi seluruh organ tubuh manusia. Kanker ini bisa terjadi, akibat adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terbatas, dan tidak bisa di kendalikan lagi oleh sistem kekebalan tubuh, dari sel-sel kanker dalam kulit.
Jenis Kanker Kulit yang harus di waspadai

Jika lambat penanganannya, sel-sel yang mulanya hanya tinggal di satu titik, akan dapat  menyebar dengan cepat ke tulang dan kelenjar getah bening. Hal ini akan sangat lebih berbahaya, dan tahukah anda, bahwa sebenarnya kanker kulit ini umum terjadi di dunia, termasuk Indonesia, oleh karena itu anda harus mewaspadainya.

Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang penting dan berfungsi sebagai benteng, guna untuk melindungi, misalnya dari kekurangan cairan, dan mencegah kulit dalam, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri dan partikel-partikel berbahaya. Kanker kulit bisa timbul akibat adanya infeksi karena luka dari goresan dan kerusakan sel dalam kulit akibat terkena paparan sinar matahari.

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker kulit yang harus anda waspadai dan membuat jadi anda bergoyang, di antaranya yaitu:

1.actinic Keratosis
  • Actinic keratosis merupakan jenis kanker kulit yang memiliki karakter warna merah atau merah muda serta kasar, yang di akibatkan oleh paparan sinar matahari. Ini merupakan jenis kanker umum yang di derita seseorang, dan dapat berkembang menjadi (karsinoma sel basal) bagi pasien yang sudah di diagnosis menderita kanker kulit, kurang lebih selama dua tahun. Meskipun langka tetapi lesi ini dapat menjadi biang utama untuk (karsinoma sel skuamosa).
2.Karsinoma Sel Basal
  • Orang menyebutnya sebagai karsinoma sel basal, yang membentuk lapisan terendah dari epidermis, ''lapisan basal''. Menurut penelitian yang di lakukan oleh (Columbia University, pada tahun 2009 silam) kanker ini biasa terjadi di leher dan kepala. karsinoma sel basal adalah kanker yang pertumbuhannya lambat, dan jarang menyebar ke organ tubuh lain. Kanker kulit jenis ini biasanya di tandai dengan munculnya benjolan kecil berbintik seperti lilin yang berwarna merah muda. Karsinoma sel basal infiltrasi dapat timbul, tembus hingga ke pembuluh darah dekat permukaan kulit.
3.Karsinoma Sel Skuamosa
  • Karsinoma sel skuamosa mengganggu sel-sel di lapisan tengah epidermis. Situasi ini umumnya lebih agresif dari karsinoma sel basal. Karsinoma sel skuamosa ciri-cirinya berwarna merah, bersisik dan permukaannya kulitnya kasar. Sering muncul di kulit yang biasa terkena sinar matahari seperti tangan, kepala, leher, bibir, dan telinga. Bentuk awal dari kanker sel skuamosa, di tandai dengan bercak merah, hampir mirip dengan in situ (penyakit Bowen).
4.melanoma
  • Melanoma merupakan jenis kanker yang harus di waspadai karena paling berbahaya di antara jenis kanker lain. Kanker ini menyebabkan kurang lebih sekitar 75% dari semua kematian pasien, terkait kanker kulit. Hal ini dapat terjadi dalam sel kulit yang membuat pigmen, dan menciptakan tahi lalat atau lesi yang mengikuti pola ABCDE dalam penyimpangan seperti: bentuk asimetris, penyimpangan perbatasan, warna, garis tengah, dan evolusi lesi.
Empat Jenis utama dari Melanoma

Superficial melanoma berkembang dengan Jenis yang paling umum yaitu: Lesi yang datar, bentuknya tidak teratur, dan agak kehitam-hitaman serta coklat, keadaan ini bisa terjadi pada semua usia.

Lentigo maligna melanoma: sering menyerang lansia/orang tua, tahi lalatnya cenderung lebih besar, mencapai (sebesar biji kurma atau anggur), datar, lesi berwarna kecoklatan.

Melanoma nodular: Bisa berwarna biru tua atau  hitam, orreddish-biru, tetapi mungkin tidak memiliki warna sama sekali. Biasanya dimulai sebagai sebuah patch mengangkat.

Melanoma lentiginosa akral: Secara umum biasanya terjadi pada bagian telapak tangan, telapak kaki, atau bahkan di bawah jari dan kuku.

5.Sarkoma Kaposi
  • Sarkoma kaposi sebenarnya bukan termasuk jenis kanker kulit, namun orang sering salah tanggapan dan mengartikan hal ini sebagai kanker kulit. Padahal sarkoma kaposi merupakan jenis lain dari kanker yang melibatkan lesi kulit yang umumnya memiliki ciri khas kecoklatan, merah, dengan sedikit biru dan sering terdapat pada kaki. Hal ini berpengaruh pada sel-sel yang melapisi pembuluh darah yang letaknya dekat dengan kulit. Kanker ini di akibatkan oleh virus, dan biasanya berkaitan dengan orang yang menderita AIDS.
Berikut ini kategori orang yang berisiko terserang kanker kulit di antaranya:

-Orang yang berusia di atas 40 tahun, yang terlalu lama terkena paparan langsung UV, di bawah sinar matahari. -Memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker kulit, -transpalansi organ, tetapi hal ini seperti orang yang berkulit hitam dan anak muda juga masih berisiko terserang kanker kulit, hanya saja tidak begitu besar kemungkinannya.

Untuk mendeteksi jenis kanker kulit, anda dapat mewasdainya dengan rutin melakukan pemeriksaan. Hal ini akan baik untuk kesehatan kulit anda dengan waktu yang lama. Ingat jika anda mendapati perbedaan pada kulit anda, sebaiknya jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter, mungkin dokter akan menyarankan kepada anda untuk melakukan langkah pencegahan dengan (memakai tabir surya atau mengurangi waktu anda berlama-lama berada di bawah sinar matahari langsung).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Kanker Kulit yang harus di waspadai"

Post a comment