Apa yang menyebabkan penyakit asma bisa kumat

Selamat pagi..Kemarin ada sobat yang bertanya apa yang menyebabkan penyakit asma bisa kumat? Nah pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang beberapa faktor yang dapat memicu asma kambuh kembali. Tentunya bagi anda yang menderita penyakit asma sangat di anjurkan untuk menghindari hal ini guna untuk menjaga agar alat pernapasan anda dapat bekerja secara normal.

Apa yang menyebabkan penyakit asma bisa kumat

Urat hidup manusia adalah bernafas, jadi jika seseorang memiliki masalah dalam pernapasannya berarti orang tersebut sudah kehilangan, kurang lebih sekitar 40% dari fungsi hidupnya. Asma adalah permasalahan klasik yang penanganannya tidak terlalu sulit, karena penyakit ini tidak permanen anda dapat melakukan pencegahan agar asma tidak mudah kambuh kembali.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit asma bisa kumat dan dengan bijak saya merekomendasikan agar anda menghindari hal di bawah ini:

1.Merokok.

Merokok merupakan pemicu utama kambuhnya penyakit asma, jika anda pengidap asma usahakan jangan merokok atau duduk dekat dengan orang yang sedang merokok. Karena perokok pasif jauh lebih beresiko terserang penyakit ''kanker, impoten, jantung dll'' dari pada perokok aktif, terlebih jika anda memiliki asma. Namun bukan berarti saya menyarankan anda untuk merokok.

2.Asap.

Asap pabrik, pembakaran sampah, rokok, kayu, mesin kendaran dan lainya juga dapat menjadi pemicu kumatnya penyakit asma, untuk meminimalisir resikonya anda sebaiknya selalu menggunakan masker ketika bepergian atau melewati tempat yang banyak asap.

3.Polusi udara

Udara yang sudah berovolusi seperti saat ini terlebih jika anda tinggal di perkotaan seperti jakarta, anda harus lebih waspada sedia payung sebelum hujan dengan selalu memakai masker atau bila perlu menyiapkan tabung oksigen berukuran kecil (sedia obat)

4.Terlalu lama di tempat ber AC

Ruangan ber AC sebenarnya kurang cocok untuk penderita asama, namun jika hal ini adalah sebuah tuntutan kerja, alangkah baiknya jika 1 jam sekali anda keluar ruangan dan mencari udara segar. Selain dapat memicu kambuhnya asma juga dapat membuat kulit kering dan peredaran darah terganggu.

5.Kehujanan/kedinginan karena mandi.

Penderita tidak boleh kedinginan, anda tahu jika air hujan dapt membuat daya tahan tubuh menurun dan pilek, pilek biasa di sertai batuk dan secara otomatis pernapasan terganggu karena dada di penuhi dengan lendir hingga rongga dada menyempit. Hal ini dapat menyebabkan penyakit asma anda kumat, jika anda memang kehujanan usahakan sesampai di rumah mandi dengan air hangat.

6.Kelelahan.

Terlalu lama bekerja, berlari atau berjalan dapat membuat pernafasan ngos-ngosan (tidak stabil) Jadi kurangi melakukan kerja berat, agar tubuh selalu sehat, dan untuk penderita jangan sampai kekurangan cairan, minum air secukupnya, dengan jeda waktu sekitar 30 menit minum seperempat atau setengah gelas air putih setiap hari.

7.Kepanasan.

Kepanasan membuat keringat bercucuran sehingga tubuh menjadi lemas dan nafas tidak stabil, dehidrasi adalah masalahnya jadi konsumsi air putih secukupnya dan hindari panas-panasan. Jika anda harus keluar di siang hari gunakanlah payung, tidak hanya panas matahari panas karena berdesak-desakan di tempat umum seperti angkot juga dapat menyebabkan asma kambuh, hal ini karena persediaan oksigen yang terbatas, terlebih setiap orang mengeluarkan aroma tubuh yang berbeda-beda.

8.Debu.

Debu sangat rentan menyebabkan asma menjadi kambuh, tidak hanya penderita asma orang yang pernapasannya normal pun akan mengalami sesak di dada jika berada di tempat berdebu seperti jalanan berdebu, gudang, ruang kelas sekolah dan lain-lain.

9.Makanan ber gas

Penderita asma tidak boleh terlalu sering dan banyak makan durian, nangka dan sejenis buah bergas lainnya, selain itu kurangi makan daun kemangi, dan hindari daging kambing, yang akan meningkatkan kadar kolestrol darah, hal ini dapat juga meningkatkan detak jantung sehingga alat pernapasan anda tidak siap untuk mengimbanginya.

Catatan: Penderita asma di sarankan untuk menjaga gaya hidup sehat, dan pola makan sehat, jaga agar kolestrol dalam darah tetap stabil dan normal, karena penderita lebih mudah terserang darah tinggi (hingga stroke) dan darah rendah.

9 faktor penyebab penyakit asma kambuh di atas dapat menjadi pacuan anda untuk menjaga pernapasan dan kesehatan tubuh lainnya. Semoga info ini dapat memberi hikmah dan semoga anda sehat selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa yang menyebabkan penyakit asma bisa kumat"

Post a comment