Khasiat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing adalah jenis buah yang bentuknya unik seperti bintang. Belimbing merupakan tumbuahan berbuah asli Indonesia dan menjadi ikon kota Depok jawa barat. Orang mengenal belimbing dengan kandungan Vit Cnya  yang banyak dan percaya berkhasiat untuk menyehatkan tubuh manusia.

Khasiat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing tumbuh dengan tangkai bercabang, bunganya berwarna kemerahan dan biasa tumbuh di ranting-ranting pohon. Buah belimbing muda berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi kuning kecoklat-coklatan saat tua/matang. Selain bisa di makan langsung, belimbing juga dapat di buat jus dan acar.

Pohon belimbing mudah di temukan di seluruh nusantara, belimbing termasuk tanaman yang mudah menyebar dan tumbuh karena proses penyebarannya di kerjakan oleh lebah. Konon nenek moyang kita terdahulu percaya bahwa khasiat buah belimbing ini dapat mencegah timbulnya penyakit.

Manfaat dan khasiat belimbing

  • Dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan bulatan hitam di mata ( mata panda)
  • Membersihkan kuku
  • Sebagai antioksidan
  • Dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah
  • Mencegah dan mengatasi infeksi pada mulut dan tenggorokan
  • Di gunakan untuk trapi diabetes melitus atau menurunkan kadar gula darah.
  • Bisa di konsumsi dengan madu/di campur madu bisa mengobati penyakit kencing batu.
Kandungan gizi dan fitokimia dalam buah belimbing cukup tinggi yakni jumlah per 100gram belimbing mengandung Provitamin A 20ug, Vitamin C 29mg, Vitamin B1 0,04mg, Vitamin B2 0,09mg, Fosfor 14mg, Kalsium 8mg, Zat besi 0,7mg, Kalium 140mg, Pektin dan serat 140mg.

Meski belimbing berkhasiat untuk kesehatan tubuh namun orang yang memiliki masalah atau menderita penyakit ginjal di sarankan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing karena mengandung asam oxalat dan di sarankan untuk mengkonsumsi bengkuang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat buah belimbing untuk kesehatan "

Post a comment